Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Manfaat Dan Cara Menggunakan Siwak Untuk Membersihkan Gigi

Leni Fauziah

Manfaat Dan Cara Menggunakan Siwak Untuk Membersihkan Gigi - Siwak atau miswak merupakan merupakan batang atau akar ranting segar tanaman arak yang banyak hidup di kawasan timur tengah, asia dan afrika. Siwak memliliki aroma seperti seledri dan memiliki rasa agak pedas. Siwak biasa digunakan kaum muslimin untuk membersihkan gigi. Hal ini sperti yang telah di contohkan oleh Rosulullah SAW. 

Nabi Muhammad SAW mengatakan jika pemakaian siwak adalah sunah dan tindakan yang dianjurkan. Berikut sebuah hadis yang berbunyi "Siwak membersihkan gigi, dan ini menyenangkan Allah, setiap kali Jibril mengunjungiku, dia menyuruhku menggunakan siwak. hingga akupun khawatir bahwa menggunakan siwak diwajibkan. Seandainya tidak khawatir akan membebani (merepotkan) umatku, aku akan mewajibkannya". (HR. Bukhori dan Muslim). Hadist lainnya dari Ayubi Ra. "Ada empat yangb termasuk sunah dari para rosul, memakai minyak wangi, menikah, siwak dan malu" (Hr. Ahmad dan Tirmidzi).

Siwak bagi kaum muslim memang bukan hal yang asing karena memang di sunahkan. Namun seiring berjalannya waktu, siwak mulai ditinggalkan, dan orang lebih memiliki menggunakan sikat gigi. Padahal secara medis, siwak sangat baik untuk membersihkan dan menyehatkan gigi kita.

Siwak mengandung antibacterial acids seperti astringents, abrasive, dan detergent yang berfungsi untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi dan pendarahan pada gusi. Untuk penggunaan siwak pertama kalinya mungkin akan terasa pedas dan terbakar, hal itu dikarenak kandungan mustrads. Sedangkan kandungan kimia lainnya seperti klorida, pottasium, sodium bicarbonate, floride, silika, sulfur, vitamin C, thrimetil anime, salvadorine, tannins dan beberapa mineral lainnya yang baik untuk membersihkan gigi.
Manfaat Dan Cara Menggunakan Siwak Untuk Membersihkan Gigi
Manfaat Dan Cara Menggunakan Siwak Untuk Membersihkan Gigi

Cara menggunakan siwak

Adapun cara menggunakan siwak adalah sebagai berikut
- Potong batang siwak seukuran pensil dengan panjang sekitar 15-20 cm. 
- Buang kulit bagian ujung siwak yang akan dipakai saja
- Bagian ujung yang kulitnya telah dibuang, anda gigit hingga berjumpai seperti berus
- Rendam siwak sebelum di gunakan, karena siwak yang kering dapat merusak gusi
- Gunakan siwak dengan cara menggosokan pada gigi dan lidah anda

Baca juga : Cara cepat dan aman menghilangkan karang gigi

Waktu yang disunahkan untuk bersiwak

- Sebelum wudhu atau mau solat
- Setiap akan masuk rumah
- Setiap bangun tidur
- Ketika hendak ingin membaca Al-Qur'an
- Saat mengalami bau mulut

Demikianlah informasi tentang manfaat dan cara menggunakan siwak untuk membersihkan gigi. Menggunakan siwak merupakan sunah rosul, sehingga menggunakan siwak lebih diutamakan dibanding menggunakan pasta gigi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.
-