Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Manfaat Dan Dampak Buruk Mandi Dengan Air Hangat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Leni Fauziah

Manfaat Dan Dampak Buruk Mandi Dengan Air Hangat - Mandi merupakan aktifitas yang biasa dilakukan dipagi dan sore hari. Mandi bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari kotoran serta keringat, selain itu mandi juga membuat tubuh menjadi segar dan bersemangat kembali. Lelah dan lemas akibat aktifitas atau pekerjaan sepanjang hari akan hilang dan tubuh kembali segar  setelah mandi.

Mandi biasanya menggunakan air keran yang dingin. Namun tak jarang juga orang yang mandi dengan air hangat. Sahabat sendiri pastinya juga pernah mandi dengan air hangat entah dipemandian air hangat alami atau anda mandi dengan air hangat sendiri dirumah. 

Mandi dengan air hangat memang memberikan sensasi tersendiri bagi tubuh kita. Air hangat akan membuat tubuh yang pegal-pegal dan terasa letih akan hilang seketika. Ya benar sekali, mandi dengan air hangat memang akan memberikan manfaat bagi tubuh kita seperti menghilangkan rasa pegal-pegal dan rasa lelah. Namun mandi dengan air hangat juga bisa berdambak buruk bagi kesehatan juga kecantikan tubuh kita.

Berbicara tentang mandi dengan air hangat. Kali ini kami akan menjelaskan beberapa manfaat serta dampak buruk dari mandi dengan air hangat. Berikut penjelasannya.
Manfaat Dan Dampak Buruk Mandi Dengan Air Hangat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Dan Dampak Buruk Mandi Dengan Air Hangat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat mandi dengan air hangat

1. Mangatasi rasa pegal dileher dan bahu

Seperti yang telah di jelaskan diatas dimana mandi dengan air hangat akan membuat rasa pegal-pegal pada tubuh hilang seketika. Otot yang kaku dan lelah akan kembali rileks ketika di guyur dengan air hangat.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Mandi dengan air hangat juga akan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pada waktu bersamaan mandi dengan air hangat juga akan terjadi pelepasan sendi, tendon, jaringan dan otot. Meskipun tidak menyembuhkan permanen, namun mandi dengan air hangat dapat mengurangi rasa sakit, peradangan pada otot dan sendi.

3. Mencegah migrain atau sakit kepala

Migrain atau sakit kepala juga dapat dicegah dengan mandi air hangat. Mandi dengan air hangat akan memperlancar aliran darah yang menuju ke otak. Dengan demikian masalah migrain atau sakit kepala dapat dicegah.

4. Meredakan batuk

Bagi sobat yang sedang terserang batuk, coba sobat mandi dengan air hangat. Air hangat mampu meredakan batuk. Hal ini dikarenakan uap panas yang muncul dari air hangat yang terhirup oleh hidung kita mampu menghilangkan ingus atau dahak yang menyebabkan pilek, hidung tersumbat batuk dan iritasi pada tenggorokan.

5. Menghilangkan stress dan depresi

Mandi dengan air hangat tidak hanya akan membuat otot kita saja yang rileks, namun pikiran kita juga akan menjadi rileks. Tak heran jika mandi dengan air hangat menjadi terapi ampuh untuk menghilangkan stres atau depresi. 

6. Meringankan diabetes

Mandi dengan air hangat mampu meringankan penderita diabetes. Hal ini dikarenakan mandi dengan air hangat atau berendam dalam air hangat dapat menurunkan tingkat gula darah.

7. Mengurangi dan mencegah insomnia

Mandi dengan air hangat dapat memperlancar peredaran darah serta mengatasi masalah stres, pikiran menjadi rileks dan tenang, Dengan demikian masalah insomnia atau gangguan tidur dapat diatasi dengan mandi  atau berendam menggunakan air hangat.

8. Menyehatkan jantung

Seperti yang telah dijelaskan diatas jika mandi dengan air hangat mampu memperlancar peredaran darah. Dengan demikian, mandi dengan air hangat juga dapat membuat jantung menjadi lebih sehat.

9. Mengatasi komedo dan jerawat

Mandi dengan air hangat akan membuka pori-pori kulit sehingga kotoran yang tersumbat pada pori-pori kulit dapat dengan mudah dibersihkan sehingga masalah komedo dan jerawat dapat dicegah dan diatasi.

Dampak buruk mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat memang memiliki banyak  manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Namun kebiasaan mandi dengan air hangat juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan. Nah berikut beberapa dampak buruk dari mandi dengan air hangat.

1. Tekanan darah menurun derastis

Bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah, baiknya anda hindari mandi atau berendam dengan air hangat. Air hangat atau air panas dapat menyebabkan sentuhan langsung yang memperngaruhi pembuluh darah. Pembuluh darah akan melebar dan pembuluh darah akan bekerja secara berlawanan yang menyebabkan tekanan darah menurun derastis. Namun hal ini juga bergantung pada kesehatan orang masing-masing.

2. Gangguan pencernaan

Berendam di air hangat yang terlalu lama dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan. Gangguan pencernaan ini dikarenakan adanya gangguan peredaran darah yang menuju ke otak. Hal ini akan lebih mudah ketika orang mandi denga air hangat setelah makan. Perut akan terasa mual dan ingin muntah. Hal ini pula yang membuat ibu hamil sangat tidak disarankan untuk mandi dengan air hangat.

3. Membahayakan janin atau keguguran

Bagi ibu hamil sangat tidak disarankan untuk mandi dengan air hangat. Hal ini dikarenakan sangat berbahaya untuk janin dan bisa berakibat keguguran. Air hangat dapat menyebabkan kontrasi lebih cepat, bahkan sistem pembuluh darah dapat mengalami bahaya lain. Mandi dengan air hangat juga dapat menyebabkan bayi terlair cacat.

4. Mnurunkan kualiatas sperma

Mandi dengan air hangat juga dapat menurunkan kualitas sperma. Mandi dengan air hangat dapat membuat jumlah sperma menurun Hal ini dikarenakan waktu untuk produksi sperma menjadi lebih panjang.

5. Keracunan

Bagi anda yang baru minum obat sangat tidak disarankan untuk mandi atau berendam dengan air hangat. Hal itu dapat menyebabkan keracunan. Zat kimia yang terkandung pada obat dapat menyebabkan reaksi tekanan darah dan detak jantung yang lebih tinggi dan cepat. Air hangat bisa menyebabkan pengaruh pada jantung dan kekanan darah sehingga menyebabkan keracunan, sakit kepala atau kurang respon terhadap lingkungan.

6. Membuat kulit kering

Mandi dengan air hangat yang terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering. Hal ini dikarenakan minyak alami pada kulit akan hilang ketika kita mandi atau berendam dengan air hangat. Tanpa adanya minyak alami pada kulit, kulit menjadi kering dan mudah bermasalah.

7. Kulit menjadi keriput

Terlalu lama mandi dengan air hangat juga dapat menyebabkan kulit menjadi cepat keriput atau menuda. Sama dengan poin sebelumnya, hal ini dikarenakan minyak alami pada kulit yang bertugas melindungi dan melembabkan kulit hilang oleh air hangat tersebut.

8. Menyebabkan jerawat dan komedo

Meskipun air hangat mampu menghilangkan serat mengatasi komedo dan jerawat, namun mandi dengan air hangat juga dapat menyebabkan kedua masalah tersebut. Hal ini dikarenakan mandi dengan air hangat akan membuat pori-pori kulit menjadi terbuka. Nah jika hal itu tidak segera ditutup, kotoran akan kembali menyumbat pori-pori kulit sehingga muncul komedo atau jerawat.

9. Merusak rambut

Tidak hanya berdampak buruk pada kulit saja. Mandi dengan air hangat juga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut seperti rambut bercabang, patah, rontok, lepek dan lain sebagainya.

Tips mandi dengan air hangat yang aman

- Hindari mandi dengan air yang suhunya terlalu tinggi atau panas. Idealnya sekitar 40-50 derajat celsius
- Sebelum mandi dengan air hangat, baiknya guyur dulu tubuh anda dengan air bersuhu normal
- Jangan mandi dengan air hangat setiap hari, baiknya seminggu 1-2 kali saja
- Mandi dengan air hangat baiknya dilakukan di malam hari dan tidak disarankan dilakukan dipagi hari

Demikianlah informasi tentang manfaat dan dampak buruk mandi dengan air hangat untuk kesehatan dan kecantikan. Meskipun mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat, namun kebiasaan mandi dengan air hangat juga dapat berdampak buruk. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.