Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Manfaat Dan Efek Samping Daun Jarak Untuk Kesehatan

Leni Fauziah

Manfaat Dan Efek Samping Daun Jarak Untuk Kesehatan - Pohon jarak merupakan tamana herbal yang sudah dimanfaatkan sejak jaman nenek moyang. Bahkan tidak hanya daunnya saja, namun semua bagian dari tanaman jarak baik, batang, biji, buah, getah, akar dan daunnya semua dapat di manfaatkan sebagai obat. Hal ini bukan tanpa alasan, menurut penelitian tanaman jarak mengandung banyak senyawa yang mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Nah sahabat berbicara tentang tanaman jarak, kali ini kami akan menjelaskan tentang manfaat dari daun jarak untuk kesehatan beserta efek sampingnya. Namun sebelum kita membahas tentang manfaat daun jarak, kita cari tahu dulu kandungan senyawa, vitamin atau mineral yang terdapat di dalam daun jarak. Berikut kandungan daun jarak.
Manfaat Dan Efek Samping Daun Jarak Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Efek Samping Daun Jarak Untuk Kesehatan

Kandungan daun jarak

- Getah tanaman jarak

Pada getah tanaman jarak mengandung flavonoiddan sanopin serta kandungan jatrophie yang bersifat anti jamur.

- Daun jarak

Pada daun jarak mengandung senyawa kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin, dan teraksrol.

- Biji tanamana jarak

Pada biji tanaman jarak ditemukan kandungan B-glukanase yang memiliki aktifitas antifungi, toksalbumin, dan curcin yang tidak hanya memiliki aktivitas sebagai antifungi, akan tetapi juga kandungan kimia ini juga bermanfaat sebagai anti kanker.

- Ampas biji jarak

Biji jarak yang telah diperas minyaknya masih mengandung nitrogen fosfat dan kalium.

- Kulit dan batang jarak

Kulit dan batang jarak mengandung tanin, malam, resin dan saponin.

Manfaat daun jarak untuk kesehatan

1. Mengobati sariawan

Manfaat pertama dari tamanan jarak adalah untuk mengobati sariawan. Caranya yaitu patahkan tangkai daun jarak yang baru dipetik, nanti akan keluar getah dan gunakan getah jarak tersebut untuk mengobati sariawan dengan cara menempelkan getah tersebut pada wariawan anda. Jika getah tidak keluar, anda bisa memencetnya hingga keluar.

Baca juga : Cara alami mengobati sariawan

2. Mengobati sakit gigi atau gigi berlubang

Masalah sakit gigi atau gigi berlubang dapat disembuhkan dengan memanfaatkan getah tanaman jarak. Getah jarak mengandung antimikroba sehingga mampu mengusir bakteri penyebab sakit gigi atau gigi berlubang. Caranya yaitu anda tempelkan getah jarak pada gigi yang sakit atau berlubang dengan menggunakan kapas.

Baca juga : Penyebab dan cara mengobati gigi berlubang

3. Mengatasi susah buang air besar

Masalah susah buang besar juga dapat diatasi dengan memanfaatkan daun jarak. Caranya yaitu anda kukus beberapa lembar daun jarak, kemudian anda makan sebagai lalapan. Daun jarak ini akan memperlancar buang air besar yang mampet.

4. Mengobati perut kembung dan masuk angin

Jika anda mengalami perut kembung atau masuk angin, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun jarak. Caranya ambil beberapa daun jarak yang sudah tua. Kemudian disiangi diatas nyala api agar layu, kemudian olesi dengan minyak kelapa, minyak telon atau minyak kayu putih. Kemudian anda tempelkan pada perut dan diamkan beberapa jam, maka peurt akan terasa lega dan anda akan buang gas.

Baca juga : Cara ampuh atasi perut kembung atau masuk angin

5. Menurunkan panas

Daun jarak juga merupakan obat herbal untuk menurunkan panas atau demam terutam pada anak-anak. Anda tek perlu ragu dengan khasiat dari tamanan jarak tersebut. Caranya yaitu anda siapkan 2-3 lembar daun jarak yang masih segar.  Bersihkan lalu anda olesi dengan minyak, panaskan diatas kompor selama 2 menit, kemudian anda tempelkan pada perut bayi atau bisa dipasangkan pada gurita bayi.

Baca juga : Cara ampuh dan cepat turunkan demam

6. Mengobati kurap

kurap merupakan masalah kulit yang muncul karena jamur. Kurap biasanya muncul di sela-sela jari. Kurap juga dapat di obati dengan memanfaatkan daun jarak. Caranya yaitu anda cuci daun jarak, kemudian rendam kedalam minyak kelapa selama beberapa jam dan panaskan. tempelkan pada kulit yang sakit atau yang menderita kurap, tutup dengan kain katun dan biarkan selama semalam.

Baca juga : Cara alami mengobati kadas dan kurap

7. Mengobati rematik

Daun jarak jufa ampuh untuk membantu dalam mengobati rematik. Caranya yaitu siapkan 5-8 lembar daun jarak, tumbuk hingga halus, kemudian campurkan dengan air hangat sedikit saja. Oleskan pada lokasi rematik atau masalah kulit seperti exim, lakukan 3 kali dalam sehari hingga rematik sembuh.

8. Mengobati luka

Luka fisik seperti luka lecet, terkena benda tajam dan lain sebagainya juga dapat diatasi dengan getah jarak. Caranya yaitu anda oleskan getah jarak pada luka tersebut, meskipun akan terasa perih, namun cara ini sungguh ajaib. Getah jarak akan menutup luka dan akan membuat luka menjadi sembuh.

Baca juga : Cara mengobati luka yang bernanah

9. Mengobati batuk

Akar jarak mampu mengobati batuk dengan cara mengencerkan dahak. Ambilah akar pohon jarak secukupnya, bersihkan dan rebus dengan 7 gelas air hingga mendidih dan tersisa setangahnya. Minum air rebusan tersebut setiap pagi dan sore hari.

Baca juga : Cara alami mengobati batu kering dan bedahak

10. Koreng dan bekas luka

Getah jarak tidak hanya cepat menyembuhkan luka saja, namun juga cepat dalam mengatasi koreng dan menghilangkan bekas luka. Anda juga bisa menggunakan minyak jarak yang telah banyak dijual dipasaran, Caranya anda oleskan minyak jarak tersebut pada koreng atau bekas luka. Lakukan setiap hari secara rutin, maka koreng atau bekas luka akan hilang.

Baca juga : Cara alami dan cepat menghilangkan bekas luka

Efek samping daun jarak

Efek samping minyak jarak pada reaksi kulit dan sistem pencernaan yaitu dapat menyebabkan sembelit, pencernaan yang tidak nyaman, diare dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan minyak jarak dipecah oleh usus yang menjadi asam risinoleat dan bertindak sebagai iritan ke lapisan usus. Jika anda menderita kram, iritasi usus, wasir, maag, radang usus, prolapses atau baru saja menjali operasi baiknya tidak menggunakan minyak jarak atau daun jarak sebagai obat.

Baca juga : Cara alami dan cepat menghilangkan bekas koreng

Demikianlah informasi tentang manfaat dan efek samping daun jarak untuk kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.