Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Manfaat Dan Efek Samping Pare Untuk Kesehatan

Leni Fauziah

Manfaat Dan Efek Samping Pare Untuk Kesehatan - Pare merupakan tanaman sejenis sayuran yang memiliki rasa sangat pahit. Meskipun pahit pare banyak digemari oleh masyarakat. Hal ini tak terlepas dari begitu banyaknya manfaat pare untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya buah pare saja, namun daun pare juga menyimpan sejuta manfaat baik untuk untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Pare memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, bahkan di beberapa negara pare digunakan sebagai ramuan obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Rasa pahit yang tersimpan dalam pare tersebut justru merupakan nutrisi yang memikiki khasiat luar biasa yang sering dijadikan sebagai obat. Dalam kehidupan sehari-hari pare biasanya diolah bersama dengan sayuran lainnya sebagai sup atau menu lainnya.

Pare mengandung banyak vitamin dan nutrsi diatantaranya adalah vitamin B kompleks, vitamin C, folat, phyto nutriens, flavonoid, serat dan lain sebagainya. Dengan kandungan vitamin dan nutrisi tersebut, bisa kita tebak akan manfaat pare untuk kesehatan. Nah berbicara tentang manfaat pare, kali ini kami akan menjelaskan tentang manfaat pare untuk kesehatan. Berikut manfaat dan efek samping pare untuk kesehatan.

Manfaat Dan Efek Samping Pare Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Efek Samping Pare Untuk Kesehatan

Manfaat daun pare untuk kesehatan

1. Melancar sistem pencernaan

Dibalik rasanya yang pahit, pare ternyata bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan. Pare mampu merangsang enzim dalam perut yang menjaga gerakan usus hingga makanan dikeluarkan. Mengkonsumsi pare sangat baik untuk mengatasi masalah sistem pencernaan seperti konstipasi.

2. Meningkatkan sistem metabolisme

Mengkonsumsi pare juga sangat baik untuk sistem metabolisme. Pare dapat meningkatkan sistem metabolisme sehinga sangat baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

3. Membantu menurunkan berat badan

Dengan meningkatnya sistem metabolisme, tentu lemak di dalam tubuh akan lebih mudah dibakar. Selain itu pare juga merupakan makanan yang kaya akan serat namun sangat rendah kalori. Dengan demikian, pare baik dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan anda. Pare juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

4. Melegakan sistem pernafasan

Sesak nafas atau gangguan pernafasan lainnya dapat diatasi dengan pare. Seperti yang kita ketahui, masalah pernafasan sangat mengganggu dan sangat menjengkelkan sekali, namun hal itu dapat diatasi dengan mengkonsumsi pare. Pare mampu menjadikan sel-sel pengecap disaluran pernafasan untuk terbuka lebar, dengan demikian sirkulasi udara akan menjadi lancar dan pernafasan akan menjadi lega dan nyaman kembali.

5. Mengobati disentri

Bagi anda yang menderita penyakit disentri sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jus pare. Meskipun memiliki rasa yang pahit dan tidak enak, namun jus pare ini mampu mengobati disentri, anda cukup minum segelas jus pare setiap hari untuk mengobati disentri.

6. Obat cacingan

Pare juga kerap dijadikan sebagai obat cacingan untuk anak-anak. Biji pare dipercaya sangat efektif untuk mengobati penyakit cacingan. Caranya yaitu anda siapkan 3 biji pare, giling hingga halus dan masak dengan sedikit air. Minum selagi hangat, namun anda juga bisa menggunakan daun pare. Caranya yaitu seduh 7 gram daun pare dengan secangkir air panas, beri sedikit madu agar tidak pahit, minum disetiap pagi hari.

7. Mengobati kencing bernanah

Kencing bernanah disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada saluran kencing. Untuk mengatasi masalah kencing bernanah, anda bisa menggunakan ramuan tradisional dengan bahan daun pare. Caranya siapkan 7 lembar daun pare, 2 jari akar jayanti,  jari kulit kemboja, 1 jari rimpang temu lawak. Bersihkan semua bahan lalu potong-potong, rebus dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa  gelas, minum ramuan tersebut setiap pagi dan sore hari.

8. Mengobati bisul

Masalah bisul juga dapat diatasi dengan daun pare. Ambil segenggam daun pare, cuci hingga bersih lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Saring dan biarkan hingga dingin, minum ramuan tersebut selama beberapa hari hingga bisul kempis dan sembuh.

9. Mengobati demam dan malaria

Pare juga efektif untuk mengatasi demam dan malaria. Caranya yaitu anda siapkan segenggam daun pare, anda cuci bersih lalu anda tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 gelas air matang, aduk-aduk dan asing, beri sedikit garam lalu anda minum air tersebut dipagi hari.

10. Mengatasi panas dalam

Panas dalam kerap membuat kita merasa kehausan. Untuk menghilangkan panas dalam anda bisa mengkonsumsi ramuan herbal dari buah pare. Caranya anda rebus buah pare 3 gelas air hingga tersisa satu gelas, anda saring dan anda minum air tersebut.

11. Mengontrol kolesterol dan menyehatkan jantung

Pare merupakan makana yang sangat baik sekali mengontrol serta menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Selain itu pare juga baik untuk menghilangkan lemak didalam tubuh, itu artinya pare juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

12. Mencegah kanker

Pare mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan pare mampu memberikan pengaruh pada metabolisme glukosa yang ada pada kanker. Dengan demikian, mengkonsumsi kanker sangat baik untuk mencegah penyakit kanker.

13. Mengontrol kadar gula dalam darah

Pare mengandung seyawa insulin dan alkaloids yang disebut charntine. Yaitu senyawa yang bertanggung jawab dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Pare juga sangat disarankan dikonsumsi bagi penderita diabetes.

14. Membersihkan darah

Tidak hanya mengontrol kadar gula dalam darah, pare juga dapat membersihkan darah. Rasa pahit pare dihasilkan oleh senyawa yang disebut cucurbetacin, yaitu senyawa yang dapat membantu dalam membersihkan darah serta mengatasi gatal-gatal akibat darah kotor. Anda bisa mengkonsumsi jus pare setiap pagi hari ketika perut kosong untuk membersihkan darah anda.

Baca juga : Dampak buruk dan cara mengatasi darah kotor

15. Membuang racun dan menyehatkan hati

Pare tidak hanya menyingkirkan lemak saja, namun juga membuang racun yang ada didalam tubuh. Dengan kemampuannya yang dimiliki dalam membuang racun, pare dapat menyehatkan hati.

Efek samping pare untuk kesehatan

Pare memang baik untuk kesehatan, namun pare juga memiliki efek samping bagi orang-orang tertentu seperti ibu hamil dan menyusui tidak disarankan untuk mengkonsumsi pare, hal ini dikarenakan senyawa atau bahan kimia alami yang terdapat pada pare dapat memulai menstruasi serta menyebabkan keguguran, demi keamanan, ibu hamil dan menyususi dilarang mengkonsumsi pare. 

Pare memang dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga baik untuk penderita diabetes, namun hati-hati dalam mengkonsumsi pare, hal ini dikarenakan pare dapat menurunkan kadar gula dalam darah hingga sangat rendah, jadi anda baiknya selalu memonitor kadar gula dalam darah anda sendiri.

Bagi anda yang menjalani operasi bedah juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi pare hingga 2 minggu. Pare dapat mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi.

Demikianlah informasi tentang manfaat serta efek samping pare untuk kesehatan. Semoga informasi diatas menambah pengetahuan anda dan bermanfaat. Terimakasih.