Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Biduran

Leni Fauziah

Penyebab Dan Cara Mengatasi Biduran -  Biduran merupakan salah satu penyakit kulit yang umum diderita masyarakat. Meskipun bukan tergolong penyakit yang serius, namun biduran cukup mengganggu kenyamanan dan penampilan. Penyakit biduran sendiri merupakan penyakit reaksi dari kulit yang menyebabkan munculnya bilur berwarna merah atau putih dan terasa gatal.

Bilur atau bidurn akan muncul pada salah satu bagian kulit dan akan menyebar dalam waktu yang sangat cepat ke bagian kulit lainnya. Bilur atau biduran ini biasanya disebabkan oleh alergi. Ukuran bilur ini berbeda-beda. Biduran biasanya akan hilang atau sembuh dengan sendirinya. Namun bagi sebagian orang bilur sangat mengganggu dan harus segera di obati dan diatasi.

Nah berbicara tentang biduran, kali ini kami akan membahas tentang penyeban dan cara mengatasi penyakit yang memiliki nama medis urtikaria. Berikut penjelasan mengenai biduran.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Biduran
Penyebab Dan Cara Mengatasi Biduran

Penyebab buduran

- Alergi seperti debu, bulu binatang dan lain sebagainya
- Makanan seperti kacang, coklat, makanan laut, gandung susu dan lain sebagainya
- Obat-obatan seperti antibiotik, aspirin, anti hipertensi dan lain sebagainya
- Kondak dengan tanaman begetah
- Zat adiktif atau bahan tambahan makanan seperti pemanis buatan, pengawet, penguat rasa dan lain sebagainya
- Infeksi seperti hepatitis dan demam kelenjar
- Gigitan serangga seperti semut atau nyamuk
- Cuaca atau suhu udara
- Stres

Gejala penyakit biduran

Penyakit biduran biasanya menunjukan gejala seperti kulit yang terasa gatal, kemudian muncul bilur berwarna merah, dan terasa panas yang lama-kelamaan akan menyebar ke bagian kulit lainnya.

Cara mengatasi atau  mengobati biduran

Biduran biasanya diobati dengan bedak gatal, namun anda juga bisa mengobati biduran dengan cara tradisional atau alami. Berikut cara alami mengobati dan mengatasi biduran.

1. Asam jawa dan temu lawak

Siapkan 1 buah asam jawa, 15 gram temulawak, dan gula aren secukucupnya. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Biarkan dingin, lalu anda saring dan anda minum ramuan tersebut untuk mengobati biduran, anda juga bisa menambahkan madu agar terasa lebih nikmat.

2. Daun jombang

Cara alami berikutnya yaitu dengan menggunakan daun jombang. Caranya rebus 300 gram daun jombang dalam 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Lalu anda minum ketika masih hangat.

3. Air kelapa hijau

Air kelapa hijau baik untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh kita. Air kelapa hijau mampu menghilangkan biduran, terutama biduran yang disebabkan oleh makanan. Caranya anda minum air kelapa hijau selama 3 hari berturut-turut.

4. Minyak kayu putih dan  zaitun

Siapkan minyak kayu putih, minyak zaitun dan menthol kristal masing-masing 1 sendok. Campurkan semuanya lalu anda oleskan pada kulit yang biduran, ingat hanya dioleskan bukan digaruk.

5. Daun sirih dan jahe

Siapkan 6 lembar daun sirih lalu haluskan, 1 potong jahe dan 2 sendok makan minyak kayu putih. Campurkan semua bahan, lalu anda oleskan pada kulit yang biduran. Ramuan ini juga sangat efektif untuk mengatasi masalah keputihan.

6. Bawang merah dan daun kelor

Siapkan sebutir dawang merah, 3 lembar daun kelor dan 2 gram pulosari. Rebus dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa 2 gelas, anda saring dan anda minum 2 kali dalam sehari.

7. Kunyit dan sambiloto

Siapkan 10 gram sambiloto, 20 gram kunyit, 30 gram daun kelor, 1 sdm adas, dan 3 butir bawang merah. Tumbuk hingga semuanya halus. Rebus dengan air sebanyak 600 cc hingga sisa seperti tiga, anda saring dan minum ketika sudah dingin.

8. Jahe dan cuka beras hitam

Siapkan 30 gram jahe, 100 cc cuka beras hitam dan gula merah secukupnya. Tumbuk hingga semua bahan halus tercampur merata. Rebus dengan air dan minum 2 kali dalam sehari.


Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi biduran. Biduran meskipun bukan penyakit serius, namun cukup mengganggu sekali. Oleh sebab itu penyakit biduran harus segera diatasi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.