Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Keringat Berlebihan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Keringat Berlebihan - Berkeringat adalah suatu hal yang terjadi pada kulit manusia. Berkeringat merupakan reaksi tubuh untuk pendinginan yaitu proses metabolisme tubuh saat tubuh berusaha menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan dengan cara mengeluarkan cairan yang mengandung garam melalui kelenjar keringat. Keringat juga bermanfaat untuk membuat racun yang ada di dalam tubuh.

Keringat memang hal yang biasa terjadi dan memiliki banyak manfaat. Namun keringat yang berlebih atau sering disebut dengan istilah hyperhidrosis tentu sangat mengganggu dan menimbulkan banyak masalah. Keringat berlebih selain membuat tidak nyaman juga kerap menimbulkan bau badan serta membuat orang yang ada disekitarnya menjadi risih. Oleh sebab itu masalah keringat berlebihan harus segera diatasi.

Macam-macam hyiperhidrosis

Masalah keringat berlebih atau hyperhidrosis sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu

1. Hyperhidronosis focal primer

Yaitu masalah keringat berlebih yang hanya terjadi pada bagian tubuh tertentu saja seprti telapak tangan, kaki, ketiak, wajah dan lain sebagainya. Masalah Hyperhidronosis focal primer ini biasanya disebabkan oleh adanya masalah pada fungsi sistem saraf, namun bukan suatu penyakit.

2. Secondari general yperhidronosis

Yaitu masalah keringat yang terjadi pada seluruh tubuh. Masalah ini biasanya terjadi pada malam hari dan disebabkan oleh penyakit seperti penyakit masalah teroid, tuberkolosis, menopauses, gagal jantung, stroke, kanker, diabetes, cidera tulang belakang, paru-paru dan lain sebagainya.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Keringat Berlebihan
Penyebab Dan Cara Mengatasi Keringat Berlebihan

Penyebab keringat berlebih

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab keringat berlebih. Berikut beberapa penyebab keringat berlebih.

1. Makanan dan minuman

Masalah keringat berlebih bisa disebabkan oleh makanan atau minuman yang anda konsumsi. Ada beberapa makanan yang menjadi pemicu produksi keringat berlebih yaitu makanan pedas, panas, minuman berkafein, beralkohol, dan lain sebaagainya.

2. Obat-obatan

Obat-obatan seperti morfin, tiroksin dosis tinggi, obat pereda nyeri, obat anti psikosa dan lain sebagainy juga dapat menyebabkan keringat berlebih.

3. Menopuose

 Wanita yang mengalami masa ini biasanya akan terjadi peningkatan suhu kulit dan tubuh akan memproduksi keringat berlebih serta tubuh akan terasa gerah.

4. Demam

Demam juga menjadi pemicu keringat berlebih. Ketika terjadi perubahan suhu tubuh dari tinggi ke normal biasanya akan disertai dengan kerluar keringat yang berlebih.

5. Hipoglikimia

Yaitu kadar gula rendah yang sering dijumpai oleh penderita diabetes yang mengkonsumsi insulin atau obat atau obat anti diabetes oral.

6. Aktifitas berat

Aktifitas berat seperti bekerja dilapangan atau berolah raga juga menjadi penyebab timbulnya keringat berlebihan. 

7. Berada di bawah terik matahari

Jika anda berada dibawah terik sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, pasti anda akan merasa panas dan tubuh menjadi bekeringat. Di bawah sinar matahari akan membuat suhu tubuh meningkat dan menyebabkan produksi keringat lebih banyak dari biasanya.

Cara mengatasi masalah keringat berlebih

1. Mendinginkan tubuh

Cara pertama untuk menghilangkan masalah keringat berlebih yaitu dengan cara mendinginkan tubuh. Caranya yaitu anda bisa menggunakan kipas angin atau masuk kedalam ruangan yang dingin dan berAC. Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan masalah keringat yang berlebihan.

2. Perbanyak minum air putih

Ketika tubuh mengeluarkan banyak keringat, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan sehingga minum air putih sangat baik sekali untuk menganti cairan yang telah keluar. Selain itu air putih juga akan melembabkan kulit, mendinginkan serta mengatur suhu tubuh. Meskipun tubuh melakukan banyak aktifitas, namun tubuh tidak akan banyak mengeluarkan keringat dan dehidrasi jika kebutuhan air terpenuhi.

3. Daun mint

Daun  mint juga dapat menjadi obat untuk mengatasi masalah keringat yang berlebihan. Daun mint dapat membantu meredakan ketegangan dan menjaga suhu tubuh dari pengaruh panas. Anda bisa mencampurkan daun mint pada dalam jus buah kesukaan anda.

4. Tomat

Tomat juga bisa menjadi solusi masalah keringat berlebih. Anda bisa mengkonsumsi tomat secara langsung atau menjadikannya sebagai jus tomat.

5. Mentimun

Tidak hanya tomat saja, dengan cara yang sama anda juga bisa memanfaatkan mentimun untuk mengatasi masalah keringat berlebih. Keduanya mengandung banyak air sehingga baik sekali untuk melembabkan kulit serta mengatasi masalah keringat yang berlebih.

6. Yougurt

Mengkonsumsi yougurt secara rutin juga dapat menghindarkan tubuh dari masalah keringat berlebih. Kandungan kalsium yang terdapat pada yougurt dapat mengurangi produksi keringat yang berlebih. Namun jika anda tak menyukait yougurt atau susu olahan lainnya anda bisa mendapatkan kalsium dari kacang-kacangan dan lain sebagainya.

7. Gunkanan pakaian yang sejuk

Pakaian yang sejuk serta longgar juga akan menghindarkan tubuh anda dari keringat yang berlebih. Pakaia yang longgar atau tidak ketat akan membuat sirkulasi udara menjadi lancar dan keringat berlbih bisa dikurangi. Gunakan juga pakaian dari bahan yang dingin serta halus.

8. Kurangi stres

Stres, cemas, tegang dan emosi dapat memicu produksi keringat berlebih. Oleh sebab itu masalah keringat berlebih juga dapat dihindari dengan mengurangi stres dan emosi.

9. Mandi minimal 2 kali dalam sehari

Mandi selain dapat membuat tubuh menjadi bersih dan terhindar dari kuman penyakit, mandi juga dapat mengatasi masalah keringat. Ya dengan mandi tubuh akan menjadi segar dan keringat akan hilang.

10. Gunakan deodoran bebas alkohol

Cara terakhri yaitu dengan menggunakan deodoran bebas alkohol sebelum melakukan aktifitas.

Demikianlah informasi tentang penyeba  dan cara mengatasi masalah keringat berlebih. Keringat berlebih memang masalah tersendiri yang harus kita atasi. Semoga informasi diatas bemanfaat. Terimakasih.