Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi

Leni Fauziah

Penyebab Dan Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi kronis dimana tekanan darah pada dinding arteri atau pembuluh darah bersih meningkat. Keadaan ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung jika terus dibiarkan. Untuk mengetahui apakah anda memiliki tekanan darah tinggi yaitu dengan cara mengukur tekanan darah anda dengan alat pengukur tekanan darah.

Jika anda memiliki tekanan darah tinggi atau memiliki riwayat keluarga yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi, anda harus waspada. Penyakit tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit kronis yang dapat menyebab kematian mendadak. Anda harus merubah pola hidup anda menjadi pola hidup yang sehat, selain itu anda juga harus memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Hal ini dikarenakan ada banyak makanan yang menjadi penyebab naiknya tekanan darah.

Nah sahabat, berbicara tentang tekanan darah tinggi atau hipertensi, kali ini kami akan menjelaskan tentang penyebab dan cara menurunkan tekanan darah tinggi agar tekanan darah menjadi normla dan jantung menjadi sehat kembali. Nah berikut penjelasan tentang tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Penyebab Dan Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi
Penyebab Dan Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi

Penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi

1. Keturunan

Bukan hanya ciri fisik, warna kulit yang diwariskan orang tua kepada keturunannya, namun ada juga beberapa penyakit yang di turunkan orang tua kepada anaknya, salah satunya yaitu penyakit tekanan darah tinggi. Jika anda memiliki riwayat keluarga seperti orang tua yang memiliki tekanan darah tinggi, bisa jadi kelak anda juga akan mengalaminya.

2. Obesitas atau berat badan berlebih

Obesitas atau berat badan berlebih selain dapat merusak penampilan karena tubuh menjadi gemuk dan melar, obesitas juga dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti tekanan darah tinggi, dabetes, hingga serangan jantung. Untuk menghindari hal ini baiknya anda melakukan die sehat dan menjaga berat badan anda tetap ideal.

3. Lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh dan lemak trans merupakan penyebab utama tekanan darah tinggi serta penyakit jantung. Lemak jenuh dan juga lemak trans ini biasanta terdapat pada kulit ayam, daging merah (daging sapi dan kambing) susu, mentega dan lain sebagainya. Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans karena bisa berakibat fatal.

4. Stres atau depresi

Ketika orang mengalami stres atau depresi, orang akan mudah emosi, cepat marah. Hal ini dikarenakan hormon adrenalin meningkat tajam ketika kita sedang stres, dan hal ini menyebabkan jantung memompa darah lebih cepat dari biasanya, akibatnya tekanan darah juga akan meningkat derastis. Tak heran jika banyak orang yang mengalami serangan jantung hingga mati mendadak dikarenakan stres atau depresi. Untuk itu baiknya anda hindari stres dengan selalu berfikir positif dan rileks.

5. Kebiasaan minum alkohol

Alkohol dalam agama Islam diharamkan, hal ini bukan tanpa alasan, alkohol lebih banyak memberikan efek buruk ketimbang manfaat bagi tubuh manusia. Mengkonsumsi alkohol selain akan menghilangkan akal sehat seseorang juga akan meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida merupakan kolesterol jahat yang berpotensi meningkatkan tekanan darah dan mengancam kesehatan jantung.

6. Usia

Bertambahnya usia juga meningkatkan resiko terserang penyakit tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan semakin bertambahnya usia, elasitas pembuluh darah kita akan berkurang dan cenderung akan mengalami penyempitan, akibatnya tekanan darahpun menjadi meningkat.

7. Jarang bergerak atau tidak pernah berolah raga

Tekanan darah tinggi kerap menyerang orang yang bekerja dikantoran, hal ini dikarenakan orang yang bekerja di kantor selain kerap mengalami stres, mereka juga jarang melakukan gerak atau olah raga. Kerja mereka lebih sering duduk didepan komputer. Hal ini berbeda dengan buruh yang kerjanya mengandalkan tenaga. Oleh sebab itu untuk menghindari tekanan darah tinggi baiknya anda rajin bergerak dan berolah raga.

8. Kopi atau kafein

Jika anda memiliki tekanan darah tinggi, baiknya anda berhenti dari kebiasaan mengkonsumsi kopi. Kopi pada memperburuk tekanan  darah tinggi. Kopi dan minuman yang mengandung kafein lainnya akan menyebabkan lonjakan tekanan darah yang bisa membahayakan jantung.

9. Garam dan gula

Garam dan gula juga dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Garam dan gula banyak ditemukan dimakanan cepat saji atau junk food yaitu makanan sampah yang tidak memiliki nilai gizi sama sekali, gula dan garam selain menyebabkan tekanan darah tinggi juga menyebabka obesitas, diabetes dan gangguan kesehatan lainnya.

Gejala penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi

Pada dasarnya tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak menunjukan gejala apapun pada penderitanya. Si penderita tidak sadar jika tekanan darahnya terus meningkat hingga menyebabkan serangan jantung atau stroke. Namun umumnya orang yang mengalami tekanan darah tinggi akan merasakan seperti gampang lelah, sering pusing, hilang keseimbangan dan kesulitan ketika melangkah. Jika anda sudah mengalami hal demikian, baiknya anda rutin cek tekanan darah, penanangan lebih dini akan menghindarkan anda dari hal-hal yang mengerikan seperti stroke, serangan jantung hingga kematian mendadak.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat dan memperhatikan makanan yang akan anda konsumsi. Berikut tips menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

1. Olah raga secara teratur

Cara pertama untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu dengan melakukan olah raga secara teratur. Olah raga merupakan cara paling efektif untuk membakar lemak jenuh dan lemak trans yang merupakan lemak jahat penyebab tekanan darah tinggi. Anda tak perlu melakukan oleh raga berat, ada cukup melakukan banyak gerak dan olah raga ringan selama 30-60 menit dalam sehari.

2. Diet sehat

Tekanan darah tinggi disebabkan oleh kelebihann berat badan dan tumpukan lemak di dalam tubuh. Jadi diet menjadi cara paling mujarap untuk menurunkan tekanan darah tinggi.  Selain itu dengan diet anda juga akan mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Menurunkan berat badan sangat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan hal ini juga akan menyehatkan jantung kita.

3. Kurangi stres

Seperti yang telah dijelaskan diatas dimana tekanan darah tinggi disebabkan stres atau depresi. Nah untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mulai dari sekarang anda kurangi stres dan hadapi masalah dengan pikiran yang dingin dan positif tingging.

4. Mengkonsumsi mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang sangat efektif sekali untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bahkan efeknya langsung terasa. Mentimun kaya akan kadar potasium yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi tengan cepat. Tak heran jika mentimun selalu menjadi pertolongan pertama orang yang mengalami tekanan darah tinggi.

5. Jeruk

Selain mentimun jeruk juga merupakan buah yang sangat efektif untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Jeruk kaya akan vitamin C, pottasium, serat, dan rendah sodium. Nah anda bisa menjadikan sebagai jus jeruk untuk menurunka tekanan darah tinggi anda. Sama halnya dengan mentimun, jeruk juga akan memberikan efek yang sangat cepat.

6. Mengkudu

Mengkudu merupakan buah dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Mengkudu juga dapat menjadi obat mujarap untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

7. Blewah

Sama halnya dengan mentimun, blewah juga kaya akan kandungan pottasium sehingga sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

8. Tomat

Tomat merupakan sayuran yang biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan sambal. Tomat kaya akan kandungan vitamin C, potasium dan berbagai mineral lainnya yang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara menghindari tekanan darah tingggi

- Kurangai makanan yang banyak mengandung garam dan gula
- Kurangi mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi, kamping dan kulit ayam
- Hindari rokok dan kafein
- Hindari alkohol
- Hindari junk food
- Hindari stres
- Rajin berolah raga
- Rajin mengkonsumsi buah dan sayuran

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.