Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Dampak Buruk Obesitas Atau Kegemukan Bagi Kesehatan

Leni Fauziah

Penyebab Dan Dampak Buruk Obesitas Atau Kegemukan Bagi Kesehatan - Obesitas atau kegemukan merupakan kondisi dimana berat badan melebihi batas ideal itu sendiri. Obesitas kerap dikaitkan dengan penumpukan lemak di dalam tubuh. Ya memang benar karena obesitas atau kegemukan ini merupakan keadaan dimana banyak lemak yang menumpuk di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi melar atau gemuk.

Sebenarnya setiap orang membutuhkan timbunan lemak di dalam tubuh sebagai cadangan energi, namun jika kelebihan timbunan juga akan menjadi masalah, tubuh menjadi melar dan gemuk, serta berat badan akan menjadi naik. Tidak hanya itu saja, selain dapat merusak penampilan, obesitas atau kegemukan juga rentan terserang berbagai penyakit, bahkan penyakit seperti serangan jantungpun setiap saat mengintai orang yang menderita obesitas atau kegemukan.

Obesitas atau kegemukan ini memang masalah serius yang harus segera diatasi karena dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan. Nah sebelum kita membahas tentang bahaya atau dampak buruk dari obesitas, kita cari tahu dulu penyebab obesitas atau kegemukan. 
Penyebab Dan Dampak Buruk Obesitas Atau Kegemukan Bagi Kesehatan
Penyebab Dan Dampak Buruk Obesitas Atau Kegemukan Bagi Kesehatan

Penyebab obesitas atau kegemukan.

1. Pola makan yang buruk

Penyebab utama dari obesitas adalah karena pola makan yang buruk yaitu mereka yang memiliki nafsu makan yang banyak, bahkan bisa makan hingga 5 kali dalam sehari. Selain itu mereka juga tidak memperhatikan akan kandungan nutrisi makanan yang dikonsumsinya. 

2. Malas beraktititas dan olah raga

Orang yang malah melakukan aktifitas atau olah raga akan memiliki tubuh yang gemuk. Hal ini dikarenakan sari makanan yang didapat dari makanan yang seharusnya dibakar menjadi tenaga menjadi tersimpan menjadi lemak yang terus menumupuk hingga membuat tubuh melar dan berat badan naik derastis.

3. Makan diatas jam 9 malam

Makan malam diatas jam 9 malam juga berpotensi menyebabkan obesitas atau kegemukan. Hal ini wajar karena di malam hari orang tidak banyak melakukan aktifitas, sehingga makanan tersebut akan tersimpan menjadi lemak yang kemudian akan menumpuk dan menyebabkan berat badan naik.

4. Kebiasaan mengemil

Mengemil meskipun sedikit namun jika dilakukan secara terus-menerus juga akan menyebabkan tubuh menjadi gemuk atau obesitas. Ngemil sendiri merupakan kebiasan buruk yang harus dihindari.

Baca juga : Dampak buruk dari kebiasaan mengemil bagi kesehatan

5. Begadang

Mungkin begadang tidak ada hubungannya dengan berat badan, namun karena begadang orang akan menjadi lapar dan akan memakan makanan apasaja dimalam hari, dan ini sangat berpotensi menyebabkan obesitas atau kegemukan.

6. Kebiasaan mengkonsumsi junk food

Seperti yang kita ketahui jonk food merupakan makanan yang tinggi kalori namun sangat rendah kandunga gizinya, bahkan junk food tidak mengandung nilai gizi sama sekali. Mengkonsumsi junk food tidak akan menyebabkan kenyang dan justru akan membuat orang terus mengkonsumsinya, akibatnya tubuh menjadi melar, obasitas dan kegemukan.

Baca juga : Bahaya junk food bagi kesehatan

7. Genetik

Masalah obesitas atau kegemuka ternyata juga bisa disebakan oleh keturunan. Ya obesitas akan diturunkan dari orang tuanya kepada sang anak hingga 30%. Namun hal ini bisa dihindari dengan gaya hidup yang sehat dari diri si anak itu sendiri.

8. Penyakit

Penyakit seperti hipotiroidisme yaitu keadaan dimana efek hormon tiroid dalam suatu jaringan menjadi berkurang. Atau penyakit yang terjadi karena kekurangan asupan gizi seperti iodina atau yodium. Kelainan hipotalamus, hipotalamus sendiri merupakan bagian otak yang terdiri dari sejumlah nukleus yang memiliki banyak fungsi yang sangat peka terhadap steroid, glukokortikoid, glukosa serta suhu tubuh yang dapat menyebabkan perubahan keseimbangan hormonan di dalam tubuh yang berakibat munculnya timbunan lemak di dalam tubuh.

Dampak buruk obesitas bagi kesehatan

1. Sulit bernafas

Dampak buruk dari obesitas yang paling banyak di alami orang gemuk adalah kesulitan bernafas. Nafas menjadi pendek, hal ini dikarenakan timbunan lemak disekitar dada dan leher sehingga orang gemuk akan kesulitan ketika mengambil udara atau bernafas.

2. Menyebabkan rasa nyeri pada persendian terutama sendi lutut

Rasa nyeri pada persendian terutama sendi lutut kerap dialami oleh orang yang menderita obesitas. Hal ini dikarenaka faktor kelebihan berat badan. Sendi lutut atau kaki akan menerima tekanan berat badan yang lebih besar ketimbang orang yang kurus.

3. Meningkatnya asam lambung

Dampak buruk berikutnya yaitu asam lambung yang naik. Hal ini bisa terjadi karena lemak menekan daerah lambung yang membuat asam lambung menjadi naik, dan hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan.

4. mendekur saat tidur

Sudah bukan rahasia lagi jika orang gemuk akan mendekur ketika sedang tidur. Hal ini dikarenakan jaringan lemak di dalam tubuh berkontribusi menyebabkan tidur menjadi mendekur, sulit bernafas dan susah tidur.

5. Stres atau depresi

Masalah lain yang di timbulkan dari obesitas atau kegemukan adalah stres atau mudah mengalami depresi. Hal ini dikarenakan perasaan rendah diri atau malu karena memiliki tubuh yang gemuk yang menyebabkan orang gampang marah dan emosi.

6. Datang bulan tidak teratur

Bagi wanita obesitas juga dapat menyebabkan datang bulan yang tidak teratur. Hal ini disebabkan adanya ketidak seimbangan hormon yang dipicu oleh obesitas. Obesitas menyebabkan hormon tidak bekerja secara normal.

7. Sakit punggung

Banyak orang gemuk atau menderita obesitas mengeluh sakit punggung. Hal itu wajar karena punggung harus menahan berat badan yang berat akibat timbunan lemak yang berlebih di dalam tubuh.

8. Menurunkan kinerja otak

Wajar bisa banyak orang gemuk menjadi bodoh. Hal itu dikarenakan obesitas dapat menurunkan kinerja otak sehingga orang akan lebih sulit berfikir atau berkonsentrasi.

9. Tekanan darah tinggi atau hipertensi

Hal yang menakutkan dari obesitas adalah tekanan darah tinggi. Obesitas sangat erat kaitannya dengan tekanan darah tingggi, Hal ini dikarenakan timbunan lemak didalam pembuluh darah yang menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit dan tekanan darah meningkat.

Baca juga : Penyebab dan cara menurunkan tekanan darah tinggi

10. Kolesterol

Tidak hanya tekanan darah tinggis saja, obesitas atau kegemukan juga sangat erat kaitannya dengan kolesterol yang tinggi. Obesitas disebabkan oleh lemak jenuh dan lemak trans yang merupakan lemak jahat yang memicu tekanan darah tinggi juga kolsterol.

11. Stroke dan serangan jantung

Jika sudah menderita tekanan darah tinggi dan kolesterol bukan tidak mungkin akan menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti stroke dan serangan jantung. Timbunan lemak yang terdapat dalam pembuluh darah akan menyebabkan jantung bekerja keras hingga akhirnya mengakibatkan serangan jantung, sedangkan terganggunya aliran darah yang menuju ke otak akan menyebabkan orang menderita stroke.

12. Kematian mendadak

Obesitas menyebabakan berbagai penyakit serius seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, serangan jantung dan strokem dan jika anda tidak berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, anda bisa mengalami kematian mendadak.

13. Kanker

Baru-baru ini fakta menyebutkan bahwa penderita obesitas beresiko terserang berbagai kanker hingga 40%. Hormon estrogen yang diproduksi sel lemak inilah yang sebenarnya menyebabkan resiko kanker semakin tinggi.

14. Diabetes

Diabetes tipe 2 juga mengintai penderita obesitas atau kegemukan. Hal ini dikarenakan penderita obesitas insulin yang dihasilkan oleh prangkeas akan terganggu oleh komplikasi-komplikasi obesitas sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal untuk membantu sel-sel dalam menyerap glukosa. Karena kinerja insulin menjadi tidak efektif, maka pangkreas akan terus berusaha menghasilkan insulin yang lebih banyak. akibatnya kemmpuan prangkreas semakin berkurang dan menyebabkan diabetes tipe 2.

15. Gangguan kesuburan

Banyak penderita obesitas yang mengalami gangguan kesuburan, terutama bagi wanita. Dampak dari obeitas ini yaitu ovarium yang memproduksi sel telur tidak memungkinkan wanita untuk hamil. Meskipun terjadi pembuahan, janin akan sulit berkembang secara normal sehingga keguguran sangat rentan terjadi.

Cara mencegah atau mengatasi obesitas

- Terapkan gaya hidup sehat
- Pola makan yang teratur
- Hindari makanan yang mengandung banyak lemak
- Hindari junk food
- Hindari alkohol
- Rajin berolah raga
- Diet sehat
- Dan lain sebagainya

Demikianlah informasi tentang penyebab dan dampak buruk obesitas atau kegemukan bagi kesehatan. Semoga informasi diatas  bermanfaat. Terimakasih.