Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasi Sakit Punggung

Leni Fauziah

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasi Sakit Punggung - Sakit punggung atau nyeri punggung merupakan kondisi umum yang biasa dialami oleh kebanyakan orang. Namun meskipun umum terjadi, sakit punggung ini sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Oleh sebab itu masalah sakit punggung harus segera diatasi.

Sakit punggung bisa menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Sakit punggung biasanya dikarenakan postur tubuh yang salah ketika duduk, berdiri, tidur atau lain sebagainya. Sakit punggung sendiri biasanya berlangsung selama 1-2 minggu dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun sakit punggung cukup menganggu jika tak segera diatasi.

Berbicara tentang sakit punggung, kali ini kami akan menjelaskan tentang masalah sakit punggung. Yaitu penyebab, gejala, dan cara mengatasi sakit punggung. Berikut penjelasannya.
Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasi Sakit Punggung
Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasi Sakit Punggung

Penyebab sakit punggung

1. Terlalu lama atau salah dalam posisi duduk

Bagi anda yang sering melakukan aktifitas atau pekerjaan dengan cara duduk, baiknya anda berhati-hati dengan sakit punggung, Sakit punggung lebih sering menyerang orang yang telalu banyak duduk, seperti orang pekerja kantoran. Tidak hanya itu saja, salah dala posisi duduk juga dapat menyebabkan sakit punggung.Oleh sebab itu perhatikan posisi anda ketika sedang duduk, dan sesekali untuk jalan kaki atau berdiri untuk merenggangkan otot agar tidak mengalami sakit punggung.

2. Alas tidur yang keras

Alas tidur yang keras seperti tidur diatas lantai atau kursi juga dapat menyebabkan sakit punggung. Hal ini dikarenakan saat tidur diatas alas yang keras akan membuat otot dan tulang belakang tak bisa rileks atau santai, akibatnya anda akan merasa pegal-pegal atau sakit punggu ketika bagun dari tidur.

3. Jarang berolah raga

Kurang beraktifitas atau jarang berolah raga akan menurunkan sendi yang ada ditulang belakang. Kelenturan tulang yang berkurang akan menyebabkan tulang belakang mudah cidera hingga akibatnya sakit punggung dan pegal-pegal.

4. Salah gerak

Salah gerak juga dapat menyebabkan sakit punggung, Sebagai contoh saja anda salah ketika melakukan olah raga, pereganggan, pemanasan atau lain sebagainya.

5. Mengangkat beban yang berat

Sudah bukan rahasia lagi jika orang yang melakukan pekerjaan berat seperti angkat berat akan menyebabkan sakit punggung. Tidak hanya sakit punggug saja, namun bagian tubuh yang lain juga akan mengalami sakit atau pegal-pegal. Hal ini akan diperpara jika anda tak pernah melakukan pekerjaan berat serta tanpa pemanasan.

6. Mamakai sepatu hak tinggi

Bagi wanita yang suka memakai sepatu hak tinggi baiknya harus hati-hati. Sepatu hak tinggi dapat menyebabkan sakit punggung. Hal ini dikarenakan sepatu hak tinggi akan menyebabkan lengkungan tulang belakang melebihi batas normal. Hal ini akan meningkatkan resiko sakit punggung.

Gejala sakit punggung

Gejala sakit punggung yaitu kedaan punggung yang terasa tidak nyaman seperti terasa pegal, keram, nyeri dan lain sebagainya. Tidak hanya terasa di punggung saja, namun juga terasa hingga leher dan juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Cara mengatasi sakit punggung

Ada banyak cara untuk mengatasi punggung. Anda bisa konsultasi ke dokter atau melakukan pengobatan sendiri dirumah. Berikut beberapa cara mudah untuk mengatasi sakit punggung.

1. Pijatan

Cara paling mudah dan paling cepat untuk mengasti sakit punggung adalah dengan acara terapi pijat. Dengan pijatan otot dan tulang punggung akan rileks, anda menggunakan jasa tukang pijat atau meminta bantuan orang terdekat anda untuk memijat punggung anda.

2. Tidur di tempat yang empuk dan lembut

Ketika anda mengalami sakit punggung anda bisa menghilangkankannya dengan cara anda tidur ditempat yang empuk seperti kasur. Selain itu anda juga bisa menempatkan bantal di bawah lutut. Dengan cara demikian adapat mengurangi rasa sakit pada punggung anda, serta menghilangkan rasa pegal-pegal pada bagian tubuh lainnya.

3. Berendam di air hangat

Berendam dengan air hangat juga dapat menjadi terapi untuk menghilangkan sakit punggung dan pegal-pegal. Rendam tubuh anda pada air panas selama 30 menit, hal ini akan membantu menenangkan serta meringankan otot. Namun cara tersebut tidak dianjurkan untuk wnaita hamil, karena tidak baik untuk kesehatan janin.

4. Jahe 

Jahe adalah tanaman herbal yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Jahe mampu mengatasi pegal inu dan sakit punggung. Untuk hal ini anda bisa membuat ramuan dari jahe yaitu menuman jahe yang sering disebut dengan istilah wadang jahe. Anda minum wedang jahe dalam keadaan hangat untuk mengobati sakit punggung anda.

5. Madu

Madu juga merupakan bahan alami yang dapat meredakan sakit punggung dan pegal-pegal. Tidak hanya itu saja, madu juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk mengatasi sakit punggung dengan madu, caraanya yaitu anda minum madu dengan mencampurkan madu dalam minuman anda.

6. Bawang putih

Bawang putih memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, bahkan bawang putih dapat mencegah kanker. Dalam hal ini, bawang putih juga dapat digunakan untuk mengasi sakit punggung. Caranya yaitu anda konsumsi bawang putih baik mentah atau dicampurkan dalam masakan. Anda juga bisa menghaluskan bawang putih dan menjadikannya sebagai krim lalu anda pijatkan pada punggung anda sambil dipijat-pijat.

7. Kentang

Cara alami berikutnya untuk menyembuhkan sakit punggung adalah dengan menggunakan kentang. Kentang mengandung beberapa nutrisi yang baik sekali untuk melawan nyeri, termasuk nyeri punggung. Caranya anda tumbuk kentang yang sudah direbus, kemudian anda balurkan pada punggung anda selagi hangat.

8. Berenang

Berenang juga merupakan olah raga yang mampu mengatasi sakit punggung. Anda bisa melakukan renang selama beberapa waktu untuk meredakan sakit punggung anda.

Demikianlah informasi tentang penyebab, gejala dan cara mengatasi sakit punggung. Untuk mencegah sakit punggungm baiknya anda rajin berolah raga dan konsumsi makanan yang bergizi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.