Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Penyakit Asma

Leni Fauziah

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Penyakit Asma - Asma merupakan penyakit sistem pernafasan, penyakit ini sangat menyiksa sekali karena sipenderita akan kesulitan bernafas secara normal. Penyakit asma bisa menyerang siapa saja, dan kita juga kerap menjumpai penderita asma di tempat-tempat umum. Bagi anda yang baru pertama melihat orang yang sedang kambuh asmanya pastinya akan kebingungan, jadi penting bagi kita semua untuk mempelajari lebih lanjut tentang penyakit asma.

Penyakit asma adalah penyakit atau kondisi kronis paru-paru yang ditandai dengan sulit bernafas. Saluran pernafasan penderita sangat sensitif dan memberi respon berlebihan jika mengalami rangsangan atau gangguan. Saluran pernafasan bereaksi dengan cara menyempit dan menghangi udara sehingga penderita kesulitan bernafas. Asma jika berlangsung lama dapat menyebabkan paru-paru basah dan perubahan rongga dada. Umumnya serangan asma di usia dini lebih ringan dibanding serangan asma pada orang dewasa. 

Nah berbicara tentang asma, kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang cara mengobati penyakit asam. Namun sebelum kita membahas cara mengobati asma, kita kenali dulu penyebab dan gejala penyakit asma. Berikut penjelasan mengenai penyakit asma.
Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Penyakit Asma
Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Penyakit Asma

Penyebab penyakit asma

1. Keturunan

Penyebab utama penyakit asma adalah karena keturunan. Penyakit asma merupakan penyakit yang diturunkan oleh orang tua. Misalnya anda memiliki orang tua atau kakek, kemungkinan anda juga bisa terkena penyakit asma.

2. Lingkungan

Lingkungan berpengaruh besar terhadap kesehatan seseorang, dan penyakit asma juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan. Jika anda hidup dilingkungan yang kotor, kumuh, berdebu dan berpolusi, maka anda sangat beresiko terserang penyakit asma. 

3. Alergi

Penyakit asma juga bisa disebabkan oleh alergi, Misalnya alergi terhadap bulu binatang seperti kucing, anjing, kelinci dan lain sebagainya, atau bisa  juga alergi karena bunga, debu dan lain sebaginya.

4. Makanan dan minuman

Ada beberapa makanan uang dapat memicu penyakit asma, sebut saja makanan yang mengandung msg, pengawet, minuman dingin, kacang, coklat dan lain sebagainya. Namun setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda, jadi efek makanan tersebut juga berbeda-beda setiap orangnya.

5. Udara yang dingin

Udara yang dingin juga merupakan faktor menyebab penyakit asma kambuh. Penggunaan AC pada ruangan juga salah satu penyebab asma kambung, mengendarai kendaarn bermotor dimalam hari dengan keadaan udara dingin juga dapat menyebabkan asma kambuh.

Gejala penyakit asma

Penyakit asma merupakan penyakit gangguan pernafasan yang menyebabkan penderita kesulitan bernafas. Nah berikut beberapa tanda atau gejala penyakit asma yang wajib anda ketahui.
- Nafas pendek ataun susah bernafas
- Sering bersin
- Perubahan suasana hati
- batuk
- Hidung mampet atau meler
- Gatal pada tenggorokan
-  Mudah capek atau ngos-ngosan
- Muncul lingkaran hitam pada mata atau mata panda

Cara mengobati penyakit asma

Untuk mengobati penyakit asma, anda bisa pergi ke dokter dan mengikuti resep atau obat dari dokter. Namun jika asma anda tergolong asma ringan, anda bisa mengobatinya dengan bahan atau ramuan alami yang bisa anda buat sendiri dirumah. Berikut cara alami mengobati penyakit asma.

1. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Jahe mampu mengatasi alergi, virus, dan gangguan pernafasan seperti asma, bahkan asma yang kuat sekalipun dapat diatasi dengan jahe caranya anda campurkan jahe dalam minuman anda atau yang biasa disebut dengan wedang jahe, bakar jaeh secukupnya, lalu campukan ke dalam segelas air hangat, anda juga bisa menambahkan madu agar terasa lebih nikmat. Minum wedang jahe tersebut untuk mengobati penyakit asma.

Baca juga : Khasiat luar biasa jahe untuk kesehatan dan kecantikan

2. Bawang putih

Bawang putih juga ampuh untuk mengatasi masalah asma. Bawang putih membantu melegakan pernafasan serta mengurangi lendir pada sistem pernafasan. Cara penggunaannya yaitu anda siapkan 2 siung bawang putih lalu rebus dalam 100 ml air. Minum ramuan tersebut pada malam hari.

Baca juga : Sejuta manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan

3. Madu

Sudah bukan rahasia lagi jika madu memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satu manfaat madu yaitu untuk mengatasi atau mengobati penyakit asma. Madu memiliki zat yang bersifat menenangkan rongga pernafasan, selain itu madu juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tak mudah terserang virus atau alergi. Konsumsilah madu setiap hari dengan mencampurkan ke dalam minuman anda untuk mengobati penyakit asma serta untuk mendapatkan khasiat madu lainnya.

Baca juga : Sejuta manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan

4. Senam pernafasan

Salah satu terapi paling ampuh untuk mengobati peyakit asma yaitu dengan melakukan senam pernafasan. Senam pernafasan dilakukan untuk melatih paru-paru agar bisa memiliki kapasitas yang normal. Selain itu senam juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Apel

Apel memiliki kandungan quersertin yang telah terbukti mampu memberikan perlindungan yang kuat terhadap penyakit asma. Penelitian juga membuktikan, bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi 4 buah apel dalam seminggu dapat mengurangi resiko lebih besar hingga 53% melahirkan anak dengan potensi megalami asma.

6. Kopi

Meskipun banyak yang bilang kopi kurang baik untuk kesehatan, namun kopi dapat meringankan bahkan mengobati penyakit asma. Anda bisa mengkonsumsi kopi pahit tanpa gula untuk mengobati penyaki asma. Kandungan kafein dalam kopi sangat bermanfaat untuk menghilangkan semua gangguan pernafasan sehingga sistem pernafasan menjadi lega.

7. Kunyit

Kunyit mengandung bahan aktif anti-inflamasi yang dapat menangani peradangan serta bertanggung jawab pada pembengkakan paru-paru serta konstriksi saluran pernafasan sepanjang serangan asma. Hal ini dikarenakan kunyit membantu melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan otot serta ampuh untuk mencegah asma kambuh kembali.

Baca juga : Manfaat dan efek samping kunyit bagi kesehatan dan kecantikan

8. Bayam

Sayuran bayam juga dapat mengurangi asma. Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi bayam dapat menyusutkan resiko penyakit asma. Hal ini diperkuat dengan kandungan bayam yaitu vitamin C, E, betakaroten, dan magnesium.

9. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan konsenstrasi paling tinggi l-glutathione yaitu makanan anti asma yang dapat membuat perlindungan sel, melawan radikal bebas penyebab kerusakan, serta detoksifikasi tubuh dari polutan dan resiko zat berbahaya lainnya. l-glutathione dalam alpukat juga bisa menolong peradangan quells sismetik dan melakukan perbaikan kesehatan usus yang rusak. Suatu sistem yang pada gilirannya akan menolong penderita asma.

Baca juga : Sejuta manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

10. Daun pare

Sesak nafas atau penyakit asma juga dapat diatasi dengan daun pare. Daun pare dapat mengatasi segala gangguan pernafasan termasuk penyakit asma. Pare mampu menjadikan sel-sel pengecap disaluran pernafasan untuk terbuka lebar, dengan demikian sirkulasi udara akan menjadi lancar dan pernafasan akan menjadi lega dan nyaman kembali.

Demikianlah informasi tentang penyebab, gejala dan cara mengobati penyakit asma. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.