Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Bisul

Leni Fauziah

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Bisul - Bisul merupakan penyakit umum yang diderita masyarakat. Bisul sendiri adalah benjolan yang berisi sekumpulan nanah didalam jaringan yang terakumulasi dan terinfeksi bakteri atau parasit. Bisul ini cukup mengganggu karena terasa tak nyaman akibat rasa sakit yang ditimbulkan, selain itu bisul juga dapat merusak penampilan jika muncul pada kulit wajah ataupun di leher.

Bisul biasanya muncul di bagian tubuh seperti wajah, ketiak, paha, leher, tangan dan lain sebagainya. Meskipun penyakit umum yang banyak diderita oleh masyarakat, namun banyak masyarakat yang masih bingung dalam mengobati penyakit bisul, hingga akhirnya banyak mereka yang membiarkan bisul begitu saja hingga sembuh dengan sendirinya. Meskipun demikian, bagi sebagian orang bisul adalah masalah kulit yang harus segera diatasi. 

Nah dalam kesempatan kita kali ini kami akan menjelaskan tentang cara mengobati bisul.Namun sebelum kita membahas tentang cara mengobati bisul, kita kenali dulu penyebab munculnya bisul agar kita lebih mudah dalam mencegah dan mengobatinya.
Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Bisul
Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Bisul

Penyebab bisul

Penyebab utama bisul adalah bakeri yaitu bakteri staphylococcus aureus, yaitu sejenis bakteri yang biasanya ditemukan pada kulit dan di dalam hidung. Bisul biasanya muncul pada bagian kulit yang rusak, cidera, terluka atau gigitan serangga, hal ini dikarenakan bakteri penyebab bisul akan lebih mudah dalam menginfeksi kulit yang mengalami cidera atau luka.

Macam-macam bisul

1. Hidradenetis suppurativa

Yaitu bisul yang biasanya muncul dilipatan kulit seperti ketiak atau pangkal paha. Biasanya disebabkan oleh terjadinya peradangan pada kelenjar keringat dan bersifat lokal.

2. Akne kista

Bisul jenis ini biasanya muncul pada kulit yang mengandung banyak minyak seperti kulit wajah. Penyebabnya adalah karena penyumbatan kelenjar minyak yang terinfeksi oleh bakteri.

3. Kista pilonidal 

Bisul ini biasanya muncul pada kulit yang sering mengalami gesekan. Penyebabnya adalah karena terjadi infeksi pada folikel rambut serta diperparah dengan adanya gesekan, tekanan dan iritasi yang akan membuat bisul semakin meradang.

Gejala bisul

Bisul akan tumbul di bagian kulit mana saja yang memiliki kelenjr minyak dan tumbuh rambut, jadi bisul tidak akan muncul pada telapak tangan, telapak kaki, lidah atau pada bibir. Namun biasanya bisul muncul pada kulit yang sering mengalami lipatan atau gesekan. Nah berikut beberapa tanda atau gejala dari penyakit bisul.

- Munculnya benjolan kecil berwarna merah dan terasa sakit atau nyeri
- Bengkak pada kulit disekitar benjolan
- Semakin hari bisul akan semakin besar hingga seukuran telur ayan yang bersisi nanah
- Selain terasa nyeri, benjolan tersebut juga terasa gatal
- Ujung berwarna putih (nanah), jika pecah akan keluar banyak nanah

Cara mengobati bisul

Jika anda mengalami gejala diatas baiknya anda segera mengobatinya sebelum meradang dan semakin parah. Anda bisa mengobati bisul dengan menggunakan salep kulit atau anda juga bisa konsultasi pada dokter. Namun bisul juga dapat diobati dengan cara alami. Berikut beberapa cara alami untuk mengobati bisul.

1. Mengompres dengan air hangat

Cara pertama untuk mengobati bisul yaitu dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Compres bisul dengan air hangat selama beberapa kali dalam sehari. Kompres dengan air hangat ini akan membantu bisul cepat matang, mengurangi nyeri dan mempercepat penyembuhan.

2. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang kerap digunakan untuk perawatan kesehatan dan kecantikan rambut. Namun siapa sangka ternyata lidah buaya juga ampuh untuk mengobati bisul. caranya anda ambil lidah buaya, bersihkan dan kupas ambil dagingnya. Anda haluskan daging lidah buaya, kemudian anda oleskan pada bisul secara merata.

3. Daun sirih

Daun serih memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Nah salah satu manfaat dari daun sirih yaitu untuk mengobati bisul. Cara mengobati bisul dengan daun sirih sangat mudah, siapkan beberapa lembar daun sirih, bersihkan dan anda rebus hingga mendidih. Basuhkan air yang masih hangat tersebut pada bisul, lakukan berulang kali setiap hari hingga bisul terasa membaik dan sembuh.

4. Kentang

Kentang biasanya dijadikan sebagai masker wajah untuk mengaatasi masalah kulit wajah, kentang juga dapat menjadi obat mujarap untuk mengatasi atau mengobati bisul. Caranya hampir sama dengan menggunakan sebagai masker, yaitu anda kupas dan bersihkan kentang, lalu anda haluskan dengan cara diblender atau diparut. Tempelkan kentang yang telah halus tersebut pada bisul dan diamkan hingga kering, lakukan setiap hari secara teratur, maka bisul akan sembuh.

5. Garam dan nasi basi

Mungkin tidak pernah terfikirkan oleh anda jika garam dan nasi basi dapat menjadi obat ampuh untuk mengatasi masalah bisul. Caranya yaitu anda campurkan nasi basi, garam dan tanaman bandotan, kemudian anda tumbuk hingga lembut, balurkan pada bisul, maka bisul akan membaik dan sembuh.

Baca juga : Manfaat air garam untuk kecantikan

6. Daun bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau dengan segudang vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain sebagai bahan makanan, daun bayam juga dapat menjadi obat untuk mengatasi bisul. Caranya anda siapkan beberapa lembar daun bayam, lalu anda bersihkan dan anda haluskan, aplikasikan pada kult yang berbisul, diamkan hingga kering. Lakukan berulang kali hingga bisul sembuh.

7. Daun belimbing manis

Cara terakhir untuk mengobati bisul dengan bahan alami yaitu dengan menggunakan daun belimbing manis. Caranya yaitu anda siapkan beberapa lembar daun belimbing, bersihka dan anda haluskan, campurkan dengan air cucian beras hingga menjadi bubur. Oleskan pada bisul anda, lakukan secara rutin hingga bisul sembuh.

Cara mecegah bisul paad kulit

- Mencuci tangan sebelum makan dan sesudah dari kamar mandi
- Menjaga kebersihan kulit dengan mandi 2 kali dalam sehari
- Hindari menggosok atau memencet kulit yang rusak
- Menjaga kebersihan pakaian, seprai, sarung bantal dan handuk
- Hindari menggunakan barang pribadi secara bergantian dengan orang lain seperti baju, handul dan lain sebagainya
- Bersihkan keringat secepat mungkin dari kulit anda
- Hindari makanan yang mengandung protein tinggi seperti kuning telur ketika mengalami gejala bisul
- Hindari tempat yang berdebu dan berpolusi

Demikianlah informasi tentang penyebab, gejala dan cara mengobati bisul. Bisul merupakan penyakit umum yang banyak diderita orang. Meskipun penyakit umum, namun bisul cukup mengganggu sehingga harus segera diobati. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.