Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Kanker Lidah

Leni Fauziah

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Kanker Lidah - Kanker lidah merupakan tumor ganas yang menyerang pada lidah yang disebabkan oleh pertumbuhan sel pada lidah yang tak terkendali. Kanker lidah sering tumbuh dan berkembang pada sel-sel skomosa yang ada di permukaan lidah. Jenis kanker lidah ini disebut dengan istilah karsinoma sel skuamosa. 

Lidah sendiri terdiri dari 2 bagian yaitu bagian depan yang terletak dalam mulut dan bagian pangkal yang terletak didekat tenggorokan. Kanker lidah dapat berkembang pada 2 bagian tersebut. Kanker lidah ini biasanya diawali dengan sariawan. Jika sariawan tak kunjung sembuh hingga lebih dari 2 minggu, maka anda patut waspada, karena hal itu bisa saja kanker lidah. Kanker lidah memiiliki gejala mirip dengan sariawan, hanya saja sariawan akan sembuh dengan sendirinya kurang dari minggu, sedangkan kanker lidah akan terus berlanjut jika tidak ada pengobatan dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Lidah merupakan bagian dari rongga mulut, jadi ada juga yang mneyebut kanker lidah sebagai kanker rongga mulut, termasuk kanker yang menyerang langit-langit, gusi, pipi, dasar mulut, ruang belakang gigi dan bagian mulut lainnya. Semua gejala seperti sariawan yang kemudian sekitar luka akan ada pengerasan.

Nah sahabat berbocara tentang kanker lidah, kali ini kami akan menjelaskan tentang penyebab, gejala dan cara mengobati kanker lidah. Berikut beberapa penyebab kanker lidah.
Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Kanker Lidah
Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Kanker Lidah

Penyebab kanker lidah

Sama halnya dengan kanker lainnya, penyebab kanker lidah merupakan gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup tak sehat diantaranta adalah

-  Kebiasaan merokok
- Minum alkohol
- Minuman bersoda
- Nginang atau mengunyah tembakau
- Tidak menjaga kebersihan mulut
- Memakai gigi palsu yang tidak baik
- Dan lain sebagainya

Gejala kanker lidah

Seperti yang telah disebutkan diatas dimana gejala kanker lidah mirip dengan gejala sariawan, namun kanker lidah akan berlangsung lama dan tidak akan sembuh jika tidak dilakukan pengobatan. Selain gejala yang mirip dengan sariawan, kanker lidah juga menunjukan gejala lainnya seperti berikut.

- Sakit tenggorokan yang berlangsung secara terus menerus
- Sakit saat menelan
- Lidah terasa nyeri berkepanjangan yang terkadang terasa hingga rahang
- Adanya benjolan pada lidah atau bagian rongga mulut lainnya
- Munculnya bercak merah atau putih pada lidah, gusi, atau lapisan mulut lainnya
- Lidah mati rasa atau sulit digerakan
- Sulit menggerakan rahang atau lidah
- Rasa kebas pada mulut yang tak kunjung hilang
- Pendarahan tanpa sebab yang jelas pada lidah
- Rasa sakit pada telinga


Gejala diatas mungkin saja bisa disebabkan oleh penyakit selain kanker lidah, namun untuk lebih baiknya anda periksa ke dokter terdekat sebelum terlambat, terlebih jika gejala tersebut berlangsung lebih dari 2 minggu, terutama bagi anda yang kecanduan rokok dan alkohol. 

Proses diagnosis kanker lidah

Sama halnya dengan kanker lainnya, pendeteksian kanker lidah yang dilakukan sedini mungkin akan meningkatkan kesempatan si penderita untuk sembuh. Proses dianognis umumnya meliputi pemeriksaan fisik, gejala-gejala yang dirasakan penderita, serta biopsi jaringan yang dicurigai kanker. 

Kanker lidah bagian depan akan lebih mudah terdeteksi dibanding kanker lidah dibagian belakang. Kanker lidah bagian depan akan terdianogsis saat kanker berukuran kecil, sehingga lebih cepat ditangani. Sedangkan kanker lidah bagian pangkal biasa terdianogsis setelah stadium lanjut, yaitu ketika kanker sudah membesar atau bahkan sudah menjalar ke getah bening dan leher.

Pengobatan kanker lidah

Pada umumnya pengobatan kanker lidah ada 3 cara, yaitu bedah atau operasi, terapi dan dengan menggunakan obat atau kemoterapi. Cara tersebut tergandung dengan derajat atau tingkat stadium kanker lidah itu sendiri. 

1. Terapi bedah

Terapi bedah yaitu terapi operasi untuk mengangkat tumur itu sendiri dan jaringan yang ada didekatnya. Dan jika diperlukan kelenjar getah bening yang ada didekatnya juga akan ikut diangkat. Metode operasi ini dilakukan ketika tumor pada lidah terlihat kurang dari 2 cm, dan ketika itu pada satu sisi tidak melibatkan pangkal lidah.

2. Terapi radiasi

Terapi radiasi atau radioterapi diperlukan ketika kanker lidah sudah sampai hingga pangkal lidah atau lidah bagian belakang. Terapi ini dilakukan menggunakan radiasi untuk membunuh sel kanker sehingga membuat tumor menyusut.

3. Kemoterapi

Kemoterapi yaitu penyembuhan kanker lidah menggunakan obat-obat kanker lidah. Sering kali selain menggunakan obat juga dikombinasikan dengan terapi untuk mempercepat penyembuhan. Kemoterapi menggunakan obat anti kanker untuk menghancurkan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh termasuk lidah. 

Cara mencegah kanker lidah

- Hentikan kebiasan merokok dan mengkonsumsi alkohol
- Rajin menjaga kebersihan rongga mulut
- Rajib periksa ke dokter setidaknya 6 bulan sekali

Demikianlah informasi tentang penyebab, gejala dan cara mengobati kanker lidah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.