Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Gigi Kuning Yang Wajib Anda Hindari Dan Ketahui

Leni Fauziah

Penyebab Gigi Kuning Yang Wajib Anda Hindari Dan Ketahui - Memiliki gigi yang putih dan bersih merupakan dambaan semua orang. Gigi yang putih dan bersih selain membuat gigi menjadi sehat dan kuat juga dapat menunjang penampilan seseorang. Orang akan sangat bangga memiliki gigi yang putih dan bersih, namun sebaliknya orang akan sangat menderita dan tidak percaya diri ketika memiliki gigi kuning dan kotor.

Benar sekali, gigi yang kuning serta kotor kerap membuat orang menjadi tidak percaya diri. Mereka akan lebih suka menyembunyikan gigi mereka dengan cara menutup mulut mereka, terlebih ketika mereka sedang tersenyum. Gigi kuning ini tidak hanya menganggu orang ketika bersosialisasi, namun juga dapat menyebabkan berbagai gangguan pada mulut dan gigi seperti bau mulut, gigi berkarang, sakit gigi, gigi berlubang dan lain sebagainya.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab gigi kuning. Untuk menghindari gigi kuning, tentunya kita harus tahu apasaja penyebab gigi menjadi kuning. Nah sahabat berbicara tentang gigi kuning, kali ini kami akan menjelaskan tentang hal-hal yang menjadi penyebab gigi kuning. Dengan mengetahi penyebab gigi kuning, akan mempermudah kita untuk mencegah gigi menjadi kuning. Berikut penyebab gigi menjadi kuning.
Penyebab Gigi Kuning Yang Wajib Anda Hindari Dan Ketahui
Penyebab Gigi Kuning Yang Wajib Anda Hindari Dan Ketahui

1. Malas menggosok gigi

Penyebab pertama gigi menjadi kuning yang pertama adalah karena malas menggosok gigi atau membersihkan gigi. Sisa-sisa makanan dan minuman yang menempel pada gigi jka tidak dibersihkan tentu akan membuat gigi menjadi kuning, tidak hanya gigi kuning saja, namun sisa makana tersebut akan membusuk dan menjadi sarang bakteri hingga akibatnya membuat gigi berlubang dan sakit gigi. Oleh sebab itu baiknya anda jangan pernah melupakan gosok gigi. Idealnya gosok gigi dilakukan 2 kali dalam sehari.

2. Kebiasaan merokok

Kebiasaan meroko tidak hanya mengakibatkan penyakit serius seperti kanker, stroke atau serangan jantung saja, namun juga dapat berdampak buruk pada gigi. Tembakau yang digunakan pada rokok dapat menyebabkan gigi menjadi kuning, tidak hanya itu saja, rokok juga mengandung bahan mikian tar serta nikotin yang dapat membuat warna gigi menjadi kuning kecoklatan. Hal ini bisa kita lihat pada gigi orang yang memiliki kebiasaan merokok.

3. Minuman berenergi

Minuman berenergi memang memiliki banyak manfaat, namun minuman berenergi juga dapat berdampak buruk pada gigi jika sering di konsumsi. Minuman berenergi mengandung gula dan asam serta bersifat korosif ketimbang air mineral. Hal itu yang membuat minuman energi dapat menyebabkan gigi menjadi kuning serta merusak dan mengikis gigi. Hal ini juga berlaku pada minuman bersoda.

4. Alkohol

Alkohol adalah minuman yang diharamkan oleh agama islam. Hal ini jelas karena alkohol tidak baik untuk kesehatan, alkoho dapat menyebabkan berbagai penyakit memakitan seperti obesitas, kanker, stroke, serangan jantung dan lain sebagainy. Alkoho juga mengandung gula dan asam yang dapat membuat gigi kuning dan rusak. 

5. Teh dan kopi

Masih dari minuman, ya minuman teh dan kopi juga merupakan penyebab gigi menjadi berwarna kuning. Teh dan kopi mengandung kafein yang dapat merubah warna gigi menjadi kuning kecoklatan. Baiknya anda kurangi dalam mengkonsumsi teh dan kopi, terutama kopi.

6. Makanan tertentu

Tidak hanya minuman saja, gigi kuning juga dapat disebabkan oleh makanan. Ada beberapa makanan yang menjadi penyebab gigi menjadi kuning, sebut saja coklat, kue dan lain sebagainya. Tidak hanya membuat gigi kuning saja, makanan tersebut juga dapat menyebabkan masalah pada gigi seperti gigi berlubang. Baiknya setelah anda mengkonsumsi makanan tersebut, anda disarankan untuk langsung menggosok gigi.

7. Obat-obatan

Gigi kuning juga bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu. Sebut saja obat antibotik tetasikrin yang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi, ada juga beberapa obat lain yang juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Baiknya anda berkonsultasi pada dokter sebelum minum obat tersebut.

8. Penyakit

Ada beberapa penyakit yang dapat membuat gigi menjadi kuning. Penyakut tersebut mempengaruh enamel dan dentin gigi sehingga menyebabkan perubahan warna pada gigi. Penyakit yang menyebabkan gigi menjadi kuning diantaranya adalah infeksi selama kehamilan. Terkadang pengobatan seperti kemoterapi dan terapi radiasi juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

9. Keturunan atau genetik

Masalah gigi kuning juga bisa disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Jika anda memiliki orang tua, paman atau anggota keluarga kandung yang mempunyai gigi kuning, hal itu juga dapat diturunkan pada anda. Sayangnya gigi kuning ini tidak bisa diatasi.

10. Penuaan

Faktor usia juga memperngaruhi warna gigi. Orang yang sudah memiliki usia lanjut biasanya akan memiliki gigi kuning. Gigi kuning yang disebabkan oleh faktor usia ini juga tidak bisa diobati.

11. Kawat gigi

Kawat gigi berguna untuk merapikan susunan gigi yang tak rata, namun saat ini kawat gigi menjadi trens dikalangan muda, kawat tidak bukan lagi untuk meratakan susunan gigi, namun sebagai trens atau fasion untuk menunjang penampilan. Sayangnya penggunaan kawat gigi ini juga dapat berakibat buruk pada gigi, gigi dapat berseger, kawat gigi dapat menjadi sarang kuman dan kawat gigi juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

12. Trauma

Meskipun jarang, namun gigi juga juga bisa disebabkan oleh trauma. Sempat ditemukan kasus seperti jatuh, benturan keras yang dapat membuat gigi menjadi kuning. Semakin besar trauma akan semakin memperburuk warna gigi, gigi akan menjadi kuning kecoklatan.

Demikianlah informasi tentang penyebab gigi kuning yang wajib anda hindari dan ketahui. Untuk memutihkan gigi anda bisa membacar artikel berjutul "Ramuan ajaib untuk memutihkan gigi dalam 5 menit" Hindarilah penyebab gigi kuning, karena gigi kuning selain menyebabkan anda tidak percaya diri juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.