Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Perngertian Dan Bahaya Merkuri Pada Kosmetik Yang Wajib Anda Ketahui

Leni Fauziah

Perngertian Dan Bahaya Merkuri Pada Kosmetik Yang Wajib Anda Ketahui - Seperti yang kita ketahui, merkuri merupakan zat berbahaya yang kerap digunakan produsen kosmetik nakal sebagai campuran bahan kosmetik demi mendapatkan banyak keutungan tanpa memperdulikan dampak buruk yang diakibatkannya. Merkuri memang dapat merubah kulit menjadi putih dan halus secara instan, namun hal itu juga akan berakibat buruk jika dipakai dalam jangka panjang, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit hingga kematian.

Merkuri kerap dikampanyekan sebagai bahan berbahaya yang kerap dicampurkan dalam kosmetik. Namun sayangnya banyak wanita yang tidak memahami serta tidak peduli akan kandungan dan bahaya merkuri bagi kulit dan kesehatan tubuh. Yang wanita inginkan hanyalah bisa mendapatkan kulit yang cantik secara instan, sehingga banyak wanita yang terjerumus dalam hal yang membahayakan kesehatan mereka sendiri.

Nah sahabat untuk menambah pengetahuan anda tentang bahaya merkuri, kali ini kami akan menjelaskan tentaang apa itu merkuri dan apasaja bahaya yang diakibat dari penggunaan merkuri dalam kosmetik serta ciri kosmetik yang mengdung merkuri.
Perngertian Dan Bahaya Merkuri Pada Kosmetik Yang Wajib Anda Ketahui
Perngertian Dan Bahaya Merkuri Pada Kosmetik Yang Wajib Anda Ketahui

Pengertian merkuri

Merkuri merupakan bahan kimia yang memiliki nomor atom 80, dan di ketahi memiliki berat atom sekitar 200.6. Merkuri merupakan salah satu unsur logam terkontaminasi dari endapan mineral juga logam berat serat aktivtas vulkanik. Biasanya merkuri digunakan dalam bahan indutri yang tidak digunakan secara langsung oleh manusia dan dilarang dalam kosmetik. Namun meskipun demikian, kenyataannya banyak sekali kosmetik yang menggunakan merkuri. Padahal hal itu sudah jelas di larang oleh badan kesehatan seperti BPOM dan WHO.

Bahaya merkuri Bagi kesehatan

Pelarangan penggunaan merkuri dalam kosmetik bukanlah tanpa alasan. Merkuri dilarang memang dapat menyebabkan banyak kerusakan pada jaringan dan organ tubuh manusia. Berikut beberapa dampak buruk merkuri bagi kesehatan.

1. Kulit menjadi iritasi seperti kemerahan dan gatal-gatal

Dampak buruk pertama merkuri bagi kulit adalah menyebabkan kulit menjadi iritasi seperti memerah, atau gatal-gatal. Hal ini merupakan dampak ringan dari penggunaan merkuri dalam kosmtik, namun pemakaian jangka panjang akan menyebabkan hal yang lebih buruk lagi. Jika anda mengalami iritasi, kemerahan atau gatal-gatal pada kulit setelah menggunakan kosmetik, lebih baik anda hentikan penggunaan kosmetik tersebut.

2. Menyebabkan kulit menjadi pucat

Menggunaan kosmetik yang mengandung merkuri memang akan membuat kulit cerah dan halus dalam waktu yang sangat singkat, namun kulit yang cerah tersebut akan terlihat pucat, dan tidak segar. Hal ini bisa anda lihat pada orang yang terbiasa menggunakan krim pemutih yang mengandung merkuri.

3. Menyebabkan muncul flek hitam

Krim yang mengandung merkuri memang akan mencerahkan kulit dengan cepat, namun hal itu akan menyebabkan ketergantungan, jika anda berhenti menggunakan, kulit akan menjadi rusak yang kemudian menjadi kusam dan muncul flek hitam pada kulit.

4. Menyebabkan kerusakan pada epidermis

Epidermis merupakan bagian terluar kulit yang akan langsung bersentuhan dengan kosmetik. Penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri dapat menyebabkan kerusakan pada epidermis, sehingga membuat kulit menjadi tidak sehat.

5. Menyebabkan lapisan kulit menjadi tipis

Setelah terjadi kerusakan pada lapisan epidermis, kulit akan menjadi tipis kareana tergerus. Krim pemutih yang mengandung merkuri akan memutihkan kulit dengan cara menggerus kulit sehingga kulit menjadi tipis dan tentunya berbahaya bagi kesehatan selanjutnya.

6. Menyebabkan kerusakan saraf

Dampak buruk penggunaan kosmertik yang mengadung merkuri yaitu menyebabkan kerusakan pada saraf. Kerusakan saraf ini akan muncul antara lain yaitu tremor, halusinasi, gangguan kecemasan, gangguan saraf motorik dan lain sebagainya. 

7. Menyebabkan otak tidak berfungsi

Ketika merkuri telah merusak saraf, kemudian merkuri akan menyerang otak sehingga menyebabkan gangguan serta kerusakan pada otak sehingga otak tidak dapat berfungsi dengan baik., Dampak paling buruk yaitu merkuri yang tercampur dalam makanan yang biasanya menyebabkan keracunan makanan.

8. Menyebabkan kegelisahan, cemas dan gugup

Seperti yang telah dijelaskan diatas dimana merkuri dapat menyebabkan kerusakan yang berimbas pada emosi seseorang yaitu orang menjadi mudah gelisah, cemas dan gugup. Hal ini juga bisa dikarenakan karena merkuri telah menyerang otak.

9. Menyebabkan bayi lahir cacat

Merkuri yang dipakai ibu hamil akan sangat berbahaya bagi kesehatan janinnya. Hal ini dapat menyebabkan kelahiran cacat bagi sang  buah hati. Hal ini tentu sangat berbahaya. Untuk itu ketika anda sedang hamil anda selalu berhati-hati dalam menggunakan kosmetik dan makanan yang anda konsumsi, jangan sampai kosmetik atau makanan yang anda konsumsi mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.

10. Menyebabkan keguguran

Selain menyebabkan bayi lahir merkuri juga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan dan hal yang paling buruk adalah menyebabkan keguguran. Oleh sebab itu selalu berhati-hati dan perhatikan asupan anda selama kehamilan.

11. Menyebabkan kanker kulit

Kanker kulit merupakan dampak besar yang disebabkan oleh merkuri dalam kosmetik. merkuri yang masuk ke dalam tubuh melalui kosmetik akan menyebabkan virus kanker menyebar hingga akhirnya menyebabkan penyebab kanker kulit dan berbagai kanker lainnya.

12. Merusak liver dan ginjal

Dampak paling buruk dari merkuri yaitu merusak liver dan ginjal. Merkuri merupakan racun yang harus dinetralkan oleh liver atau ginjal. Hal ini menyebabkan ginjal dan liver harus bekerja keras untuk menetralkan merkuri. Jika terus dibiarkan akan menyebabkan kerusakan pada liver dan ginjal.

Ciri-ciri kosmetik yang mendung merkuri

- Krim terasa lengket
- Krim terlihat kasar atau tidak menyatu, jika dibiarkan minyak akan terpisah dengan bagian padat
- Warna umumnya mencolok karena tidak menggunakan pewarna kosmetik dan menggunakan pewarna tekstil
- Bau logam merkuri tercium
- Pemakaian awal menyebabkan iritasi, namun setelah itu menyebabkan kecanduan atau ketergantungan
- Kulit akan berubah dalam waktu yang sangat singkat sekitar 2 minggu
- Tidak timbul jerawat sama sekali, hal ini dikarenakan lapisan epidermis telah rusak
- Pori-pori mengecil, dan kulit terasa halus karena kulit tergerus oleh merkuri
- Jika pemakaian dihentikan akan timbul rasa gatal dan tidak nyaman
Demikianlah informasi tentang pengertian dan bahaya merkuri pada kosmetik yang wajib anda ketahui. Merkuri memang memberikan hasil yang instan, namun dapat berdampak buruk bagi kulit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.