Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Tips Mencegah Kerusakan Rambut Setelah Berenang

Leni Fauziah

Tips Mencegah Kerusakan Rambut Setelah Berenang - Rambut merupakan mahkota yang wajib kita jaga kesehatan dan kecantikannya, tidak hanya pada wanita saja, namun bagi pria rambut juga merupakan aset yang sangat berharga karena dapat menunjang penampilan. Bisa dibayangkan jika kepala anda botak atau tidak ada rambutnya, pasti hal itu sangat menakutkan sekali bukan, oleh sebab itu rambut sebagai aset penting kita haru selalu kita jaga.

Menjaga kesehatan dan kecantikan rambut sebenarnya bukanlah perkara yang sulit, hal ini dikarena banyaknya produk kecantikan rambut yang bisa dengan mudah kita dapatkan di toko-toko terdekat. Namun yang menjadi masalah bukan hal itu, yang menjadi masalah adalah gaya hidup serta lingkungan yang kerap membuat rambut kita menjadi rusak, sebut saja ketika kita berenang, rambut akan menjadi kusut, lengket dan bahkan membuat rambut berubah warna.

Berenang memang salah satu olah raga favorit banyak orang, namun berenang juga dapat merusak kecantikan rambut kita jika tak kita jaga atau kita rawat. Hal ini dikarenakan kandungan klorin yang ada didalam air kolam renang, klorin berfungsi sebagai penejernih air, namun klorin juga berdambak buruk bagi kesehatan dan kecantikan rambut. Klorin mampu menembus rambut dan menghilangkan kelembaban serta membuat rambut menjadi kering dan rusak. Klorin memiliki efek hampir sama dengan pemutih, namun klorin akan membuat rambut berwarna lebih cerah atau merah kekuningan.

Untuk menghindari hal buruk yang bisa terjadi pada rambut karena berenang, tentu kita harus melakukan perawatan khusus pada rambut kita. Nah berikut beberapa perawatan untuk mencegah kerusakan rambut akibat berenang.
Tips Mencegah Kerusakan Rambut Setelah Berenang
Tips Mencegah Kerusakan Rambut Setelah Berenang

1. Basahi rambut dengan air bersih sebelum berenang

Sebelum anda berenang baiknya nad basahi atau cuci terlebih dulu rambut anda dengan air bersih. Tidak hanya rambut saja, namu  kulit anda juga harus anda bahasi terlebih dulu dengan air bersih. Membasahi rambut dan kulit tubuh dengan air bersih bermaksut untuk melindungi tubuh rambut dari klorin, karena klorin akan lebih sulit masuk menembus rambut dan kulit yang telah dibahasi dengan air bersih.

2. Gunakan pelembab atau kondisioner rambut

Cara berikutnya yaitu anda gunakan pelembab atau kondisioner rambut. Menggunakan pelembab atau kondisioner selalin akan membuat rambut tetap lemab juga akan melindungi rambut dari kontak langsung terhadap zat kimia yang terdapat pada air kolam renang seperti klorin yang bisa merusak rambut.

3. Menggunakan pelindung rambut

Jika anda tak mau ambil resiko, anda baiknya menggunakan pelindung rambut seperti topi renang. Jadi setelah rambut anda beri kondisioner atau pelembab, anda pakai topi renang. Dengan topi renang jelas rambut anda akan jauh lebih aman.

4. Jangan mengikat rambut saat berenang

Ketika berenang biarkanlah rambut terurai bebas, jangan mengikat rambut. Hal ini dikarenakan ketika rambut diikat saat berenang akan memperburuk kerusakan rambut yang disebabkan oleh bahan kimia yang terdapat di kolam renang. Rambut akan terlihat pecah-pecah dan mudah rontok.

5. Bersihka rambut dengan air keran

Ketika anda selesai berenang, anda bersihkan rambut anda dengan air yang mengalir yaitu air keran. Bersihkan dengan air kerang dan sampo hingga benar-benar bersih, hal ini untuk membersihkan semua zat klorin yang menempel pada rambut, sehingga akan meminimalisir kerusakan pada rambut akibat zat klorin tersebut.

6. Hindari menggunakan hair dreyer

Setelah selesai keramas dan membersihkan rambut, biarkan rambut kering dengan sendirinya, hindari menggunakan pengering rambut atau hair dreyer. Hal ini untuk menghindari rambut anda dari kekeringan berlebih, kekeringan berlebih akan membuat rambut mudah rontok dan patah. Hindari juga menggosok rambut dengan handuk.

7. Gunakan pelembab rambut

Setelah selesai baiknya anda gunakan kembali pelembab rambut untuk mencegah rambut anda supaya tidak kering. Hal ini dikarenakan zat klorin akan menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak.

8. Gunakan sisir bergigi jarang

Cara terakhir yaitu gunakan sisir yang bergigi jarang. Hal ini untuk menghindari rambut dari kerontokan dan patah.


Demikianlah informasi tentang tips ampuh mencegah kerusakan rambut setelah berenang. Jika anda tak ingin rambut rusak karena berenang, baiknya anda lakukan tips yang telah kami sebutkan diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.