Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Daftar Makanan Baik Untuk Penderita Diabetes

Leni Fauziah

Daftar Makanan Baik Untuk Penderita Diabetes - Diabetes merupakan salah satu penyakit serius dan harus mendapatkan perhatian ekstra terutama dalam hal makanan yang akan di konsumsi. Diabetes adalah suatu kondisi gula darah yang naik yang dihasilkan dari sumber beberapa makanan berkarbohidrat. Seperti yang kita ketahu, makanan karbohidrat yang kita konsumsi memiliki kadar gula yang akan di lepas di dalam darah. Ketika gula dalam darah meningkat, maka tubuh akan melepas insulin yang membantu mengubah gula dalam darah ke dalam sel tubuh yang dapat menjadi sumber energi tubuh. Namun jika kadar gula dalam darah dibatas normal akan membahayakan kesehatan tubuh.

Kadar gula dalam yang tinggi tidak hanya menyebabkan penyakit diabetes saja, namun juga mengancam komplikasi makrovaskuler seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah. Bagi anda yang memiliki kadar gula darah yang tinggi atau menderita diabetes harus sangat memperhatikan makanan yang anda konsumsi, karena makanan berpengaruh besar terhadap meningkatnya kadar gula dalam darah.

Nah bagi penderita diabetes, ada beberapa makanan yang dapat mengurangi bahaya akibat penyakit diabetes. Bahkan makanan-makanan tersebut dapat menormalkan kembali kadar gula darah dalam tubuh. Berikut daftar makanan baik untuk penderita diabetes.
Daftar Makanan Baik Untuk Penderita Diabetes
Daftar Makanan Baik Untuk Penderita Diabetes

1.Minyak zaitun

Sudah bukan rahasia lagi jika minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Minyak zaitun dapat megurangi resiko terkena diabetes tipe 2 hingga hampir 50%. Anda bisa melakukan diet dengan minyak zaitun, diet dengan minyak zaitun dapat mencegah resistensi insulin, penimbunan lemak dan penurunan adiponektin. Minyak zaitun juga ampuh menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh.

Baca juga : Sejuta manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan

2. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang mampu memperbaiki dan melindung dinding-dinding pembuluh darah dari kerusakan kardivaskular akibat penyakit diebetes. Sulforaphane juga dapat memicul anti inflamasi, mengontrol kadar gula dalam darah, meningkatkan mekanisme detoksifikasi alaimi dalam tubuh serta mencegah penyakit kanker. Dengan demikian, brokoli merupakan salah satu makanan yang wajib anda konsumsi ketika menderita diabetes.

3. Coklat hitam

Banyak orang beranggapan coklat merupakan makanan sumber penyakit, namun tidak dengan coklat hitam. Coklat hitam justru makanan yang menyehatkan. Coklat kaya akan flavonoid yang dapat meningkatkan sensivitas insulin, mengurangi resistensi insulin, mempercepat pengolahan glukosa darah, serta mengurangi keinginan makan yang berlebih. Namun tidak semua coklat memiliki khasiat yang sama, pastikan coklat yang anda konsumsi adalah coklat hitam tanpa gula atau pemanis.

Baca juga : Manfaat mengagumkan coklat hitam bagi kesehatan

4. Ikan 

Ikan merupakan makanan yang mengandung banyak sekali protein serta omega yang baik sekali untuk kesehatan tubuh. Kandungan omega 3 dalam iklan dapat mengatasi peradangan, inflamasi yang dapat memperburuk kondisi diabetes. Mengkonsumsi iklan juga dapat mencegah penyakit stroke, yaitu salah satu penyakit komplikasi dari diebetes.

Baca juga : Manfaat dan pengertian omega 3

5. Bayam

Bayam mengandung leutin yang dapat menormalkan kembali kadar gula dalam darah. Bayam merupakan makanan sehat dalam empat sehat lima sempurna yang dianjurkan untuk konsumsi bagi siapa saja termasuk penderita diabetes. 

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serta yang tinggi yang sangat penting dalam proses penyerapan dan mengelola glukosa. Penelitian juga menyebutkan bahwa kacang-kacangan juga mampu mencegah penyakit stroke serta mengatur pelepasa insulin dari dalam tubuh, dengan demikian kacang-kacangan sangat baik sekali untuk penderita diabetes.

7. Ubi jalar

Suatu penelitian menyebutkan bahwa ubi jalar mampu mengurangi HbA1c  sebanyak 0.3 hingga 0,75% dan mempercepat pemrosesan glukosa darah sebanyak 10-15 poin. Ubi jalar juga mnegandung antosianin yang merupakan pigmen alami yang memberi warna orane gelap. Gunakan ubi jalar sebagai pengganti kentang karena memiliki indek glukosa yang lebih rendah.

8. Beras merah

Beras merah memang sudah dikenal sejak dulu sangat baik untuk penderita diabetes. Beras merah mampu mengurangi kadar gula dalam darah di dalam tubuh. Beras merah kaya akan serat dibanding beras putih dengan perbandingan 8:1. Itu sebabnya orang yang mengkonsumsi beras merah tidak merasa kekenyangan atau mengantuk. Sangat berbeda dengan saat kita mengkonsumsi beras putih atau nasi putih. Oleh sebab itu beras merah merupakan makanan baik untuk penderita diabetes.

9. Bluberry

Bluberry atau buah beri lainnya memang dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Bluberry kaya akan antiksidan, menurut penelitian buah bluberry secara signifikan bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga 20%. Jadi sangat disarankan bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi buah bluberry.

10. Kunyit

Kunyit sudah digunakan penduduk India selama bertahun-tahun sebagai pencegah lonjakan darah setelah mengkonsumsi nasi putih atau roti gandum. Curcumin yang terdapat pada kunyit dapat mengatur metabolisme lemak serta bekerja pada sel lemak, sel prankres, sel ginjal, sel otot secara langsung dengan meredakan peradangan. Para ahli juga menyebutkan curcumin mampu mengatasi resistensi insulin, kolestrol, kadar gula dalam darah dan lain sebagainya.

Baca juga : Manfaat dan efek samping kunyit untuk kesehatan dan kecantikan

Makanan yang wajib di hindari penderita diabetes

- Roti tawar putih
- Nasi putih
- Makanan yang terbuat dari gandum
- Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, keju saus, gula dalam jumlah banyak
- Buah-buahan kaleng yang mengandung gula
- Daging berlemak
- Produk susu tinggi lemak
- Jeroan
- Popcorn
- Kulit ayam
- Gorengan

Demikianlah informsi tentang daftar makanan baik untuk penderita diabetes. Konsumsilah makanan-makanan tersebut dan hindarilah makanan yang dapat memperburuk kondisi diabetes. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.