Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Diare Secara Alami

Leni Fauziah

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Diare Secara Alami - Diare merupakan kondisi dimana tinja menjadi sangat encer dan dikeluarkan dengan frekuensi yang jauh lebih sering dibanding biasanya. Meskipun diare merupakan penyakit yang umum dan sering kita jumpai, bahkan pernah dialami semua oran, namun diare ini salah satu penyakit yang cukup menjengkelkan. Hal ini dikarenakan kita harus bolak-balik ke toiled karena diare.

Pada kondisi normal, orang akan buang air besar sebanyak satu atau dua kali dalam sehari. Namun ketika menderita penyakit diare, orang bisa buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari. Namun pada bayi frekuensi normal buang besar memang lebih sering dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh sebab itu jangan langsung mengira bayi menderita diare meskipun bayi buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari.

Diare biasanya akan sembuh dengan sendirinya selama beberapa hari. Namun diare yang berlangsung lebih dari seminggu dapat digolongkan sebagai diare akut atau kronis. Hal ini bisa berdampak fatal jika tidak mendapatkan penanganan karena tubuh banyak kehilangan cairan, bahkan diare juga dapat menyebabkan kematian.

Nah berbicara tentang diare, kali ini kami akan menjelaskan tentang penyebab, gejala dan cara mengobati diar. Dengan adanya penjelasan ini semoga membuat sahabat lebih mengerti tentang penyakit diare dan tahu bagaimana cara melakukan penanganan. Berikut penjelasan tentang penyakit diare.
Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobadi Diare Secara Alami
Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobadi Diare Secara Alami

Penyebab diare

1. Keracunan makanan

Penyebab paling umum diare dikarenakan keracunan makanan. Tanpa kita sadari kita mengkonsumsi makanan yang membuat perut kita tidak kuat sebagai contoh makanan yang terlalu pedas, makanan yang terlalu masam dan makanan lainnya. Hal ini sangat tergantung dengan sistem kekebalan masing-masing orang.

Baca juga : Daftar makanan sehari-hari yang ternyata beracun

2. Infeksi virus dan bakteri

Diare disebabkan oleh infeksi virus yaitu virus rotavirus atau norovirus. Virus tersebut akan merusak permukaan dinding usus sehingga sel selaput lendir tidak dapat bekerja secara baik dan menyebabkan diare. Selain virus, diare juga disebabkan oleh bakteri colli yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi.

3. Alergi makanan

Selain dikarenakan keracuanan makanan, ada juga beberapa orang yang menderita diare dikarenakan alergi terhadap makanan tertentu. Sebagai contoh makanan pedas, makanan masam, makanan berlemak, makanan berlaktosa seperti susu, yougurt dan makana lainnya. Anda harus mengenal diri anda sendiri terhadap makanan yang membuat anda alergi.

4. Emosi atau stres

Perasaan juga dapat memicu munculnya penyakit diare. Perasaan yang berlebihan seperti stres, gelisah, cemas, takut yang berlebihan, ketegangan dan lain sebagainya juga dapat menyebabkan diare.

Baca juga : Dampak buruk stres bagi kesehatan dan kecantikan

5. Obat-obatan

Penyakit diare juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang kita konsumsi. Misalnya kita mengkonsumsi obat antasida yang mengandung magnesim hidroksida  yang dapat menimbulkan penyakit diare. Diare juga bisa disebabkan oleh efeksamping obat antibiotik tertentu yang masuk kedalam tubuh kita seperti pinisilin, tetrasiklin, kroramfenikol dan lain sebagainya.

Gejala penyakit diare

Seperti yang telah disinggung sedikit diatas, gejala penyakit diare yaitu frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya yaitu lebih dari 3 kali dalam sehari. Penderita juga merasakan gejala lainnya seperti mual, lemas, lesu, muntah, nafsu makan menurun, dan lain sebagainya.

Cara mengobati penyakit diare

1. Buah dan daun jambu biji

Obat alami yang paling ampuh untuk mengatasi diare yaitu buah atau daun dari jambu biji. Tanaman ini sudah terkenal sangat manjur untuk mengatasi diare. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung buah atau daunnya, anda juga bisa menjadikannya sebagai jus jambu segar, efek dari jambu biji ini akan langsung terasa, sehingga jambu biji ini kerap menjadi pilihan utama orang yang menderita diare.

Baca juga : Manfaat luar biasa daun jambu biji untuk kesehatan dan kecantikan

2. Ramuan daun singkong

Daun singkong juga dapa menjadi ramuan alami untuk mengatasi masalah diare. Anda bisa dengan mudah mendapatkan daun singkong di sekitar rumah. Caranya yaitu anda rebus daun singkong, kemudian anda minum air rebusannya tersebut. Atau anda juga bisa menjadikan daun singkong senagai menu makanan anda.

3. Cuka apel

Cuka apel juga merupakan cara ampuh untuk mengobati penyakit diare. Caranya sangat mudah sekali, anda hanya cukup mencampurkan beberapa tetes cuka apel ke dalam air putih dan anda minum air putih tersebut.

Baca juga : Sejuta manfaa cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan

4. Pisang

Saat menderita diare tubuh akan banyak kehilangan cairan. Nah buah pisang mengandung potasium yang dapat menggantikan cairan yang ada di dalam tubuh. Pisang juga memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat mudah untuk di cerna. Perbanyaklah makan pisang untuk membantu mempercepat penyembuhan diare.

Baca juga : Sejuta manfaat pisang untuk kesehatan dan kecantikan

5. Air putih

Saat diare tubuh akan kehilangan banyak cairan, dan hal ini bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh sebab itu anda disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih.

Baca juga : Manfaat luar biasa air putih untuk kesehatan dan kecantikan

6. Kunyit dan kapur sirih

Kunyit merupakan tanaman herbal yang dapat mengatasi berbagai masalah penyakit seperti diare. Nah dengan demikian, anda bisa menggunakan kunyit sebagai ramuan untuk mengobati diare. Caranya yaitu iris tipis 3 cm kunyit, rebus dengan segelas air hingga tersisa sepertiganya, lalu anda campurkan dengan satu sendok teh kapur sirih dan minum 3 kali dalam sehari.

Baca juga : Manfaat dan efek samping kunyit untuk kesehatan dan kecantikan

7. Minum teh herbal

Teh dapat menenangkan perut yang nyeri, perih akibat diare. Nah dengan demikian penderita diare juga disaranka untuk minum teh, selain mengurangi nyeri saat diare, teh juga membantu dalam penyembuhan diare.

8. Jahe

Sama halnya dengan kuyit, jahe juga merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya yaitu untuk mengatasi masalah diare. Anda bisa mencampurkan jahe ke dalam minuman anda atau yang sering disebut dengan istilah wedang jahe. Namun jahe dapat mengganggu efektifitas onat pengencer darah seperti aspirin atau warfarin, jadi baiknya anda hindari jahe ketika mengkonsumi obat pengencer darah.

Baca juga : Khasiat luar biasa jahe untuk kesehatan dan kecantikan

9. Ramuan dari beras ketan

Beras ketan juga dapat mengatasi diare. Caranya yaitu siapkan 100 gram beras ketan dan 1 cm kunyit. Goreng beras ketan tanpa minyak hingga hangus, dan bakar juga kunyit hingga hangus. Tumbuk keduanya hingga halus, lalu anda seduh dengan air panas, anda minum 3 kali dalam sehari.

10. Perbanyak istirahat

Cara terakhri yaitu ketika anda menderita diare, baiknya anda perbanyak beristirahat. Hal ini dikarenakan banyak beraktifitas saat diare akan menyebabkan nyeri, mual dan mengganggu sistem pencernaan.

Perhatian

- Jika diare tak kunjung sembuh dengan cara diatas, baiknya anda konsultasi kedokter
- Jika anda dalam keadaan hamil, baiknya anda konsultasi pada dokter
- Hindari buah-buah, kafein, alkohol hingga gejala diare hilang
- Jangan menggunakan obat antidiare tanpa resep dokter

Demikianlah informasi tentang  Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Diare Secara Alami. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.