Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Tips Bebas Bibir Kering Selama Berpuasa Ramadhan

Leni Fauziah

Tips Bebas Bibir Kering Selama Berpuasa Ramadhan - Bulan ramadhan bulan yang penuh berkah telah tiba, semua orang muslim menyambutnya dengan gembira. Dibulan yang suci ini, kita semua akan mendapatkan banyak keberkahan, selain janji akan pahala yang berlipat ganda, dibulan ramadhan ini juga banyak pedagang yang kualahan karena barang dagangannya selalu diserbu para pembeli.

Di bulan ramadhan yang penuh berkah ini, selain itu harus menahan lapar, haus dan hawa nafsu, kita juga harus tetap menjaga penambilan kita selama ramadhan. Masalah yang sering terjadi ketika ketika menjalankan puasa ramadhan adalah bibir yang kering dan pecah-pecah. Hal ini dikarenakan ketika siang hari asupan cairan dalam tubuh akan mengalami kekurangan sehingga berdampak pada kelembaban bibir kita. Hal ini yang kerap membuat bibir kita terasa tidak nyaman atau membuat kita menjadi tidak percaya diri.

Namun anda tak perlu khawatir masalah bibir kering atau pecah-pecah selama menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan ini. Ada beberapa hal atau tips yang bisa anda lakukan agar bibir anda terbebas dari bibir kering dan pecah-pecah, sehingga akan akan nyaman dalam menjalankan ibadah puasa. Nah demikianlah tips bebas bibir kering selama puasa ramadhan.
Tips Bebas Bibir Kering Selama Berpuasa Ramadhan
Tips Bebas Bibir Kering Selama Berpuasa Ramadhan

1. Gunakan pelembab bibir secara teratur

Cara pertama yang mencegah bibir kering selama menjalankan ibadah puasa yaitu dengan cara menggunakan pelembab secara teratur. Pelembab ini akan menjaga kelembaban bibir anda agar tidak kering ataupun pecah-pecah. Anda bisa mengatur sendiri kapan anda harus menggunakan pelembab bibir agar bibir tetap lembab dan tidak kering.

2. Minum banyak air putih di malam hari

Salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah dikarenakan tubuh atau mulut yang kekurangan cairan. Seperti yang kita ketahui, selama berpuasa kita dilarang untuk makan dan minum di siang hari. Oleh sebab itu untuk menghindari keadaan tubuh yang kekurangan cairan disiang hari, tentu kita harus banyak minum air di malam hari. Minumlah air putih minimal 8 gelas dalam sehari untuk mencegah tubuh kekurangan cairan.

Baca juga : Manfaat luar biasa air putih untuk kesehatan dan kecantikan

3. Oleskan baby oil atau minyak zaitun sebelum tidur

Cara berikutnya untuk mencegah bibir kering selama berpuasa yaitu dengan mengoleskan baby oil pada bibir anda sebelum anda tidur. Tidak tidak ada baby oil anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun. Dengan demikian, kelembaban bibir anda akan terjaga sepanjang hari meskipun anda berpuasa.

Baca juga : Sejuta manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan

4. Hindari menjilat bibir

Menjilat bibir memang akan membuatb bibir menjadi basah dan lembab, namun itu hanya sementara saja, dan justru menjilat bibir akan membuat bibir kering semakin parah. Oleh sebab itu baknya anda hindari menjilat bibir agar bibir anda tidak kering dan pecah-pecah.

5.Gosok secara perlahan ketika mandi

Cara berikutnya yaitu dengan menggosok bibir secara perahan ketika dengan mandi, anda juga bisa menggunakan sabun atau pasta gigi. Dengan menggosok tersebut akan membantu dalam mengangkat sel kulit mati penyebab bibir kering dan pecah-pecah.

6. Hindari makanan pedas dan asin ketika saur dan berbuka

Makanan pedas dan asin memang terasa nikmat, namun baiknya anda kurangi atau hindari ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Hal ini dikarenakan makanan pedas dan asin akan membuat kita dehidrasi dan kehausan di siang hari,. Selain itu makanan pedas dan asin juga dapat memicu bibir kering dan pecah-pecah. Oleh sebab itu baiknya anda hindari makanan pedas dan asin.

Baca juga : Manfaat dan bahaya makanan pedas untuk kesehatan

7. Hindari bernafas dengan mulut

Nah anda juga baiknya menghindari bernafas dengan mulut. Bernafas dengan mulut akan membuat mulut atau bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

8. Hindari rokok dan kafein

Rokok selain tidak baik untuk kesehatan juga tidak baik untuk kecantikan. Rokok dapat menyebabkan kulit dan bibir menjadi kering serta keriput. Hal ini dikarenakan rokok akan membuat kulit atau bibir kita mengalami dehidrasi. Tidak hanya rokok saja, namun kafein yang terdapat pada kopi juga berdampak yang sama yaitu menyebabkan kulit atau bibir kering dan dehidrasi. Oleh sebab itu hindarilah keduanya selama menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Baca juga : Dampak buruk kafein bagi kesehatan dan kecantikan

9. Gunakan bahan alami

Cara terakhir yaitu dengan melakukan perawatan bibir dengan bahan alami. Anda bisa menggunakan bahan alami seperti madu, minyak zaitun atau lain sebagai masker bibir anda. Oleskan pada bibir sebelum tidur dan biarkan hingga anda makan sahur.

Baca juga : Khasiat madu untuk kecantikan bibir

Demikianlah informasi tentang tips bebas bibir kering selama berpuasa ramadhan. Lakukan tips diatas agar bibir anda tetap lembab dan cantik meskipun anda berpuasa. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.