Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Tips Mencegah Bau Mulut Selama Puasa Ramadhan

Leni Fauziah

Tips Mencegah Bau Mulut Selama Puasa Ramadhan - Bau mulut selain membuta kita menjadi tidak percaya diri juga sangat mengganggu orang yang ada disekitar kita. Akibatnya orang-orang akan menjauhi kita. Bau mulut sendiri merupakan masalah mulut akibat dari kekurangan cairan pada mulut atau keadaan mulut yang kotor akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan.

Bau mulut ini sering kali dialami oleh orang yang sedang menjalankan puasa. Hal ini dikarenakan selama berpuasa kita tidak boleh masukan benda apapun ke dalam mulut kita tanpa terkecuali makanan dan minuman. Hal inilah yang menyebabkan keseimbangan asam dan basa pada mulut menjadi tak seimbang dan akibtanya menimbulkan bau mulut.

Meskipun demikian, bukan berarti masalah bau mulut tak bisa dicegah selama menjalankan ibadah puasa. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah bau mulut sehingga anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan nyaman dan tenang. Berikut beberapa tips mencegah bau mulut selama menjalankan ibadah puasa.
Tips Mencegah Bau Mulut Selama Puasa Ramadhan
Tips Mencegah Bau Mulut Selama Puasa Ramadhan

1. Perbanyak minum air putih

Air putih merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah serta mengatasi masalah bau mulut. Karena pada siang hari kita boleh minum air, maka anda perbanyak minum air putih di malam hari, terutama ketika sahur. Air putih akan meningkatkan produksi air liur sehingga dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab utama bau mulut.

2. Menggosok gigi secara sempurna

Sangat penting bagi anda untuk menggosok gigi setelah makan sahur dan setelah berbuka puasa. Ya seperti yang kita ketahui jika menggosok gigi merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah bau mulut. Tidak hanya gigi saja, anda juga disarankan untuk menggosok lidah agar lidah juga bersih dari partikel-partikel serta kuman uang menjadi penyebab bau mulut.

3. Hindari merokok

Merokok merupakan salah penyebab mulut tak sedap. Nah untuk mencegah bau mulut baiknya anda hindari rokok baik ketika sahur, berbuka maupun di malam hari. Rokok menyebabkan munculynya bakteri pada mulut yang menjadi penyebab bau mulut, bahkan karena rokok pula, anda juga beresiko terserang kanker mulut.

4. Minum teh hijau saat sahur dan berbuka

Seperti yang kita ketahui, teh hijau memiliki banyak sekai manfaat untuk kesehata tubuh kita. Teh hijau juga mampu mengatasi serta mencegah masalah bau mulut. teh hijau mengandung polifenol akan membersihkan  mulut serta saluran pernafasan sehingga masalah bau mulut dapat dicegah dan diatasi. Namun baiknya anda konsumsi teh hijau tanpa gula.

5. Hindari makanan lengket

Cara berikutnya untuk mencegah timbulnya bau mulut selama berpuasa yaitu dengan menghindari makanan lengket seperti coklat, krim, biskuit dan kue basah lainnya. Makanan lengkket tersebut akan menempel pada gigi dan sulit dibersihkan, akibatnya akan menyebabkan bau mulut yang tak sedap.

6. Hindari makanan penyebab bau mulut

Nah yang terpenting dalam mencegah bau mulut ketika berpuasa, tentu anda wajib menghindari makanan penyebab bau mulut seperti jengkol, durian, petai dan lain sebagainya.

7. Berbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran selain mengandung banyak nutrisi dan vitamin, buah dan sayuran juga mengandung banyak air yang mampu mencegah dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa. Selain itu kandungan air pada buah dan sayuran mampu membersihkan bakteri pada mulut yang menjadi penyebab bau mulut.

Demikianlah informasi tentang tips mencegah bau mulut selama menjalankan ibadah puasa ramadhan. Selain tips diatas anda juga disarankan untuk menggunakan obat kumur setelah sahur dan berbuka. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.