Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Gigi Keropos, Cara Mencegah Dan Cara Mengatasinya

Leni Fauziah

Penyebab Gigi Keropos, Cara Mencegah Dan Cara Mengatasinya - Tidak hanya tulang saja yang bisa keropos, gigi juga dapat rapuh dan keropos. Gigi rapuh atau keropos terjadi karena adanya ketidak seimbangan proses pelepasan mineral dari gigi dengan pengembalian mineral pada gigi. Gigi keropos inilah yang nantinya akan menyebabkan gigi berlubang dan sakit gigi.

Gigi keropos dan berlubang bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa, selama kita tidak merawat gigi dengan baik, gigi akan mudah keropos dan berlubang. Seperti yang kita ketahui, kita disarankan untuk rajin menyikat gigi 2 kali dalam sehari, namun hal itu saja tidak cukup untuk mencegah atau mengatasi masalah gigi keropos dan berluang.

Nah berbicara tentang gigi keropos, kali ini kami akan menjaskan tentang bagaimana cara merawat gigi agar gigi tetap kuat terbebas dari gigi keropos. Namun sebelum itu kita cari tahu terlebih dulu penyebab gigi keropos. Berikut penyebab gigi keropos.
Penyebab Gigi Keropos, Cara Mencegah Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Gigi Keropos, Cara Mencegah Dan Cara Mengatasinya

 Penyebab gigi keropos dan berlubang

1. Bakteri

Penyebab gigi keropos dan berlubang tak lain adalah bakteri. Hal ini dikarenakan gigi jarang dibersihkan. Bakteri akan bersarang pada gigi hingga akan menyebabkan gigi keropos, berlubang dan sakit gigi. 

2. Plak gigi

Plak gigi atau karang gigi juga menjadi penyebab utama gigi keropos. Plak gigi sendiri muncul karena sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dalam waktu yang cukup lama sehingga mengeras dan sulit untuk dibersihkan. Plak gigi ini akan menjadi sarang bakteri yang kemudian anda membuat gigi keropos dan berlubang.

3. Makanan

Makanan juga berpengaruh pada kekuatan gigi, ada beberapa makana yang dapat menyebabkan gigi keropos dan berlubang. Makana yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi yaitu coklat, permen, makanan manis, keripik, roti, biskuit, makanan bertepung, minuman bersoda dan lain sebagainya. Untuk itu baiknya anda hindari makanan yang menjadi penyebab gigi berlubang.

4. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya akan menyebabkan penyakit serius seperti kanker, serangan jantung, stroke dan lain sebagainya. Kebiasaan merokok juga dapat meruksa gigi. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada tembakau dapat mengganggu produksi air liur. Air liur sendiri berfungsi untuk menjaga kebersihkan gigi. Jadi terganggunya produksi air liur akan berdampak pada kekuatan gigi.

5. Mengkonsumsi alkohol

Sama halnya dengan minuman bersoda, alkohol juga mengandung pemanis buatan yang dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi.  Ya alkohol selain dapat menyebabkan penyakit serius juga dapat merusak gigi, pemanis buatan yang terkandung pada alkohol akan menyebabkan gigi rapuh dan keropos hingga akhirnya berlubang. Oleh sebab itu baiknya anda hindari mengkonsumsi alkohol.

6. Keadaan mulut yang kering

Mulut yang kering selain menyebabkan bau mulut dan bibir pecah-pecah juga menyebabkan gigi keropos. Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya, keadaan mulut yang kering dikarenakan mulut kekuranga air liur, dan ini akan berdampak pada gigi. Air liur yang seharusnya membersihkan gigi tidak ada lagi, akibatnya gigi menjadi keropos dan berlubang.

7. Kebiasaan mengemil

Kebiasaan mengemil merupakan kebiasaa buruk. Mengemil dapat menyebabkan obesitas, selain itu mengemil juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, terlebih jika cemilan yang dikonsumsinya merupakan makanan yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Kebiasaan mengemil akan menyebabkan gigi terus berkerja untuk mengunyah makanan, selain itu mengemil juga akan menyebabkan gigi menjadi kotor, dan hal ini jika sering terjadi akan menyebabkan gigi keropos dan berlubang.

8. Salah dalam menyikat gigi

Menyikat gigi memang baik untuk gigi, ya menyikat gigi selain dapat membersihka gigi juga dapat mengatasi masalah bau mulut. Namun menyikat gigi dengan cara yang salah justru akan berdampak buruk pada gigi anda. Sikat gigi yang benar yaitu menyikat gigi dari atas kebawah dan sebalinya.

Cara mencegah gigi keropos

1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Seperti yang telah dijelaskan diatas dimana penyebab utama gigi keropos dan berubang merupakan bakteri yang terdapat pada mulut dan gigi. Nah untuk itu anda harus selalu menjaga kebersihkan gigi dan mulut anda agar terhindar dari masalah gigi keropos dan berlubang.

2. Menghilangkan plak gigi

Agar gigi tak mudah keropos dan berlubang, sebelum terlambat anda bersihkan plak gigi yang menempel pada gigi anda, anda bisa meminta bantuan dokter gigi atau anda juga bisa melakukannya sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

3. Menghindari makanan penyebab gigi keropos

Tentu jika anda ingin terbebas dari gigi keropos tentunya anda wajib menghindari makanan atau menuman penyebab gigi keropos seperti makanan manis, coklat, kue, minuman bersoda dan lain sebagainya.

4. Kurangi kebiasaan mengemil

Mengemil merupakan salah satu penyebab gigi keropos dan berlubang, oleh sebab itu baiknya anda hindari atau setidaknya kurangi kebiasaan anda untuk mengemil.

5. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol juga merupakan hal yang wajib anda hindari jika ingin gigi anda tetap kuat terbebas dari gigi keropos dan berlubang. Menghindari rokok dan alkohol selain baik untuk gigi juga baik untuk kesehatan anda serta orang yang ada disekitar anda.

Cara mengatasi gigi keropos dan berlubang

1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Untuk mengatasi masalah gigi keropos, anda diwajibkan mengkosumsi makanan yang bergizi dan banyak mengandung kalsium seperti susu dan sayuran. Selain kalsium anda juga disarankan mengkosumsi makanan yang mengandung fosfor, vitamin A, C dan D yang mampu memperkuat enamel gigi.

2. Melakukan penambalan pada gigi yang berlubang

Jika gigi yang berlubang sudah terlanjur parah, baiknya anda melakukan penambalan secepat mungkin. Dalam hal ini anda harus pergi ke dokter gigi dan tak bisa dilakukan oleh sembarangan orang.

3. Pemberian fluoride

Fluoride dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah gigi keropos dan berlubang. Fluoride biasanya terdapat pada pasta gigi. Namun kebutuhan flouride yang terdapat pada pasta gigi saja tidak cukup. Untuk itu anda bisa menambah asupan flouride dari obat kumur.

4. Rajin pergi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali

Cara terakhir yaitu anda wajib pergi ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. Hal ini akan membuat anda tahu akan kondisi gigi anda, sehingga anda bisa langsung melakukan penanganan ketika terjadi masalah pada gigi anda.


Demikianlahn informasi tentang Penyebab Gigi Keropos, Cara Mencegah Dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.