Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

7 Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Leni Fauziah

Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi - Menstruasi adalah siklus bulanan yang pasti dialami oleh setiap wanita ketika mereka memasuki usia subur. Namun tak sedikut wanita yang megalami sakit atau nyeri saat datang siklus menstruasi atau haid, terlebih ketika datang untuk uang pertama kalinnya. Nah untuk mengobati rasa sakit nyeri tersebut, biasanya wanita akan membeli obat di apotek. Namun terlalu sering minum obat, selain menyebabkan ketergantungan juga tidak baik untuk tubuh kita.

Rasa sakit atau nyeri saat menstruasi sebenarnya adalah hal yang normal dan hampir dialami oleh semua wanita. Hanya saja, rasa nyeri tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan ada beberapa wanita yang tidak tahan dengan rasa nyeri tersebut, sehingga tidak bisa beraktivitas sama sekali dan hanya bisa berpaling ditempat tidur. Untuk itu masalah nyeri saat menstruasi harus segera diatasi, agar anda dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah sakit nyeri saat menstruasi, salah satunya yaitu dengan membeli obat diapotek. Namun kami tidak menyarankan anda untuk menggunakan obat, masih ada banyak cara lain untuk mengatasi masalah nyeri saat menstruasi, diantaranya yaitu dengan menggunakan ramuan bahan alami. Nah berikut cara alami untuk mengatasi nyeri saat menstruasi.
7 Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi
7 Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

1. Ramuan dari kunyit

Nah cara alami pertama yaitu dengan menggunakan ramuan dari kunyit. Kunyit mengandung kurkuminoid yang efektif membantu mengangkat sel-sel asing yang ada dalam tubuh sekaligus sebagai detoksifikasi. Kunyit juga mampu menyerap kandungan obat-obatan dalam tubuh. Kunyit juga mampu meredaka nyeri saat menstruasi. Caranya yaitu anda rebus kunyit dan anda minum air rebusan tersebut. Air rebusan kunyit tersebut akan membersihkan seluruh dinding andrometrium dan akan membuat dinding rahim anda tidak terlalu berkontraksi sehingga masalah nyeri saat menstruasi dapat diatasi.

2. Asam jawa

Asam jawa mengandung potasium yang cukup tinggi. Kandungan potasium tersebut yang ampuh membantu mempercepat proses peluruhan sel endromatrium serta meredakan kontraksi pada rahim. Asam jawa juga mampu memberikan efek astrigen yang sangat baik dalam membantu meredakan panas atau nyeri saat menstruasi. 

3. Air kelapa hijau

Sudah bukan rahasia lagi jika air kelapa hijau merupakan ramuan alami yang sudah digunakan sejak jaman nenek moyang untuk mengatasi masalah nyeri haid atau menstruasi. Selain itu air kelapa hijau juga memiliki banyak sekali manfata untuk kesehatan. Nah untuk mencegah rasa nyeri saat menstruasi, anda minum air kelapa hijau sebanyak 2 kali dalam sehari selama 3 hari berturut-turut menjelang hari anda menstruasi. 

4. Kencur

Sama halnya dengan kunyit, kencur juga merupakan rempah-rempah yang kaya akan manfaat, salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah nyeri haid atau menstruasi. Caranya mudah, Siapkan 2 potong kencur sebesar ibu jari, bersihkan dan anda parut hingga halus, sehelai daun trenggili, 1 cengkeh dan 1/2 sendok adas. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum di pagi dan sore hari masing-masing 1/2 gelas. Maka nyeri haid akan hilang.

5. Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang kaya akan manfaat. Manfaat paling populer dari bawang putih yaitu untuk mencegah kanker. Nah dalam hal ini, bawang putih juga dapat kita gunakan untuk mengatasi nyeri saat haid atau menstruasi. Untuk mengggunakannya sangat mudah sekali, anda kupas 2 siung bawang putih, kemudian anda kunyah dan anda telan.

6. Lengkuas

Lengkuas juga salah satu bumbu dapur yang dapat meredakan nyeri saat menstruasi. Caranya, siapkan 1 batang lengkuas, 1 ibua jari kunyit kupas dan memarkan, 1 sendok ketumbar, 3 tanaman meniran bersama akarnya, cuci bersih. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 1 gelas, kemudian anda minum 2 kali dalam sehari, masing-masing 1/2 gelas.

7. Cengkeh

Cengkeh selain ampuh untuk mengatasi nyeri sakit gigi, cengkeh juga ampuh untuk mengatasi nyeri saat menstruasi. Cara mudah sekali, sipkan 2 bunga cengkeh, 7 butir ketumbar, 2 cm kunyit kupas, dan 1 sendok terh rata parutan biji pala. Rebus dengan 1 gelas air hingga tersisa setengah gelas, kemudian anda saring dan anda minum dalam keadaan hangat.


Demikianlah informasi tentang Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi. Nyeri saat menstruasi memang sangat mengganggu sekali, nah dengan ramuan alami tersebut, masalah nyeri menstruasi dapat kita atasi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.