Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Cara Alami Mengatatasi Kulit Terbakar Karena Sinar Matahari

Leni Fauziah

Cara Alami Mengatatasi Kulit Terbakar Karena Sinar Matahari -  Kulit terbakar akibat sinar matahari, pasti sangat mengganggu sekali. Ya sinar matahari merupakan radikal bebas yang dapat merusak jaringan kulit. Kulit yang sering terpapar oleh sinar matahasi akan menjadi kering, gelap, iritasi dan tak jarang seperti terbakar. Hal ini sering terjadi pada mereka yang kerap beraktivitas diluar ruangan.

Sinar matahari siang hari terutama saat jam 10 siang hingga jam 3 sore wajib anda hindari. Sinar matahari pada jam tersebut dapat merusak kesehatan kulit serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sinar ultravioled matahari tersebut selain menyebabkan kerusakan pada kulit juga dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, mata katarak dan lain sebagainya.

Nah berbicara tentang sinar ultraviolet matahari, dampak yang paling sering terjadi adalah pada kulit yaitu kulit kering atau terbakar. Nah dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa solusi untuk mengatasi masalah kulit terbakar akibat sinar matahari. Berikut Cara Alami Mengatatasi Kulit Terbakar Karena Sinar Matahari.
Cara Alami Mengatatasi Kulit Terbakar Karena Sinar Matahari
Cara Alami Mengatatasi Kulit Terbakar Karena Sinar Matahari

1. Es batu atau air dingin

Nah cara pertama dan cara yang paling mudah untuk anda lakukan adalah dengan menggunakan es batu atau air dingin. Kulit yang terbakar akibat sinar matahari biasanya akan kering dan terasa panas, untuk menurunkan suhu panas tersebut anda bisa menggunakan es batu atau air dingin, namun jangan langsung anda siram begitu saja, anda gunakan kain lembut sebagai perantara, usapkan dan kompreskan pada kulit yang terbakar dan rasakan sensasi dingin dari air es tersebut.

2. Madu

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan madu. Madu merupakan bahan alami yang ampuh untuk melembabkan kulit, dengan demikian, madu sangat ampuh untuk mengatasi masalah kulit terbakar. Selain itu madu juga sangat ampuh untuk mencerahkan kulit wajah. Caranya yaitu anda oleskan madu pada kulit anda yang terbakar, diamkan beberapa menit baru kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

3. Mentimun

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan masker mentimun. Mentimun mengandung banyak air yang dapat memberikan efek dingin pada kulit. Dengan demikian, mentimun juga efektif untuk mengatasi masalah kulit terbakar akibat sinar matahari. Cara menggunakannya yaitu anda haluskan mentimun, lalu anda oleskan pada kulit yang terbakar atau anda iris tipis mentimun dan anda tempelkan pada kulit yang terbakar, akan lebih baik jika mentimun yang anda gunakan anda ambil dari kulkas.

4. Tomat

Sama halnya dengan mentimun, tomat juga kaya akan kandungan air, selain itu tomat juga mengandung vitamin C serta nutrisi lainnya yang baik untuk kecantikan kulit. Tomat biasanya dijadikan sebagai masker kulit wajah untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Nah masalah kulit terbakar akibat sinar matahari juga dapat diatasi dengan masker tomat. Caranya anda haluskan tomat lalu anda oleskan pada kulit yang terbakar, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

5. Kulit semangka

Kulit semangka juga dapat menjadi solusi baik untuk mengatasi masalah kulit terbakar akibat sinar matahari. Semangka juga merupakan buah yang kaya akan kandungan air sehingga mampu mendinginkan serta melembabkan kulit. Caranya sangat sederhana, anda cukup gosokann secara lembut kulit smangka bagian dalam pada kulit yang terbakar. Lakukan berulang kali selama 20 menit dan rasakan sensasi dari kulit semangka tersebut, masalah kulit terbakar akan hilang.

6. Masker bengkoang

Sinar matahari tidak hanya membuat kulit terbakar saja, namun juga membuat kulit menjadi gelap. Nah bengkoang merupakan bahan alami yang paling ampuh untuk mencerahkan kulit, selain itu bengkoang juga mengandung banyak air serta nutrisi baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Masalah kulit terbakar akibat sinar matahari dapat diatasi dengan menggunakan masker bengkoang, Caranya anda haluskan bengkoang lalu anda oleskan pada kulit yang terbakar, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

7. Jeruk nipis

Sudah bukan rahasia lagi jika jeruk nipis merupakan buah yang biasa digunakan sebagai masker wajah. Jeruk nipis memiliki banyak  sekali manfaat untuk kecantikan kulit, salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Caranya mudah sekali cukup anda oleskan air jeruk nipis pada kulit yang bermasalah, diamkan hingga kering dan bilas dengan air hingga bersih.

8. Masker pepaya

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan masker pepaya. Pepaya mengandung pepain serta nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesecantikan kulit. Pepaya juga buah yang biasa dijadikan sebagai masker wajah. Masalah kulit terbakar akibat sinar matahari juga dapat diatasi dengan masker pepaya, caranya anda siapkan pepaya matang, lalu anda haluskan dan anda oleskan pada kulit yang terbakar, diamkan selama 20-30 menit baru kemudian anda bilas dengan air hingga bersih.

9. Minyak zaitun

Berbicara tentang kecantikan kulit, kita tidak boleh melupakan minyak zaitun. Minyak zaitu memiliki sejuta manfaat untuk kecantikan kulit, salah satunya yaitu untuk mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari. Minyak zaitun akan menutrisi dan melembabkan kulit sehingg masalah kulit terbakar akan teratasi. Caranya yaitu anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada kulit yang terbakar, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

10. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan rambut saja, namun juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Nah masalah kulit kering atau terbakar akibat sinar matahari juga dapat diatasi dengan menggunakan gel lidah buaya. Caranya yaitu anda oleskan gel lidah buaya pada kulit yang terbakar, diamkan hingga kering dan bilas dengan air hingga bersih.


Demikianlah informasi tentang Cara Alami Mengatatasi Kulit Terbakar Karena Sinar Matahari. Untuk mencegah kulit terbakar karena sinar matahari baiknya anda hindari sengatan sinar matahari secara langsung. Jika anda beraktivitas diluar ruangan, baiknya anda gunakan tabir surya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.