Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Utama Berat Badan Naik Saat Menstruasi Atau PMS

Leni Fauziah

Penyebab Utama Berat Badan Naik Saat Menstruasi -  Menstruasi atau yang disebut juga dengan istilah PMS merupakan siklus bulanan yang pasti dialami oleh wanita diusia produktif. Menstruasi adalah proses pembuangan darah kotor yang biasanya berlangsung selama 1 minggu setiap bulannya. Saat menstruasi berlangsung, biasanya sikap seorang wanita akan berubah menjadi lebih sensitif, mudah marah, dan lain sebagainya.

Menstruasi atau PMS ternyata tidak hanya memperngarungi emosi dan mood wanita saja, ternyata beberapa wanita mengelami kelonjakan berat badan cukup derastis saat menstruasi. Namun anda tak perlu khawatir, kenaikan berat badan saat menstruasi atau PMS merupakan hal yang wajar. Selain itu saat PMS wanita juga akan mengalami sakit bunggung, nyeri pada perut, dan lain sebagainya yang kerap kali membuat wanita mudah emosi dan sensitif.

Nah ladies, berbicara tentang kenaikna berat badan saat mestruasi atau PMS, banyak wanita yang bertanya. Apa sebenarnya penyebab berat badan naik saat menstruasi. Saat menstruasi berat badan wanita biasanya akan naik 1-3 kg. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor. Nah berikut beberapa penyebab utama berat badan naik saat menstruasi atau PMS.
Penyebab Utama Berat Badan Naik Saat Menstruasi Atau PMS
Penyebab Utama Berat Badan Naik Saat Menstruasi Atau PMS

1. Nafsu makan meningkat derastis

Penyebab utama naiknya berat badan saat menstruasi atau PMS yang pertama adalah naiknya nafsu  secara derastis. Memang sudah bukan rahasia lagi jika saat PMS, wanita akan lebih sering makan, hal ini dikarenakan disaat PMS proses metabolisme pada tubuh meningkat secara signifikan, sehingga nafsu makan akan ikut naik secara signifikan. Otak merespon kondisi ini sebagai kekurangan glukosa yang menyebabkan kecenderungan makan berlebihan saat menstruasi.

2. Retensi air

Penyebab berikutnya yaitu karena terjadi retensi air. Kondisi ini juga disebut dengan edema, Edema dipengaruhi tubuh karena fluktuasi hormonal parah saat menstruasi atau PMS. Hal ini juga yang membuat perut terasa kembung dan nyeri. Selain itu, hal tersebut juga menyebabkan hormon progesteron menurun secara derastis dan mendadak.

3. Turunnya level magnesium dalam tubuh

Penyebab naiknya berat badan saat menstruasi yang terakhir adalah turunya level magnesium dalam tubuh. Ketika magnesium dalam tubuh menurun, makan akan menyebabkan tingkat insulin mnejadi lebih rendah. Dengan kata lain tubuh akan menginginkan asupan glukosa dalam tubuh. Hal ini yang akan menyabab wanita mengkonsumsi makanan manis saat PMS, seperti yang kita ketahui, makanan manis juga merupakan penyebab utama naiknya berat badan.


Demikianlah informasi tentang Penyebab Utama Berat Badan Naik Saat Menstruasi Atau PMS. Naiknya berat badan saat menstrusi meruapakan hal yang wajar, jadi anda tak perlu khawatir. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.