Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Dampak Buruk Melakukan Eksfoliasi Secara Berlebihan

Leni Fauziah

Dampak Buruk Melakukan Eksfoliasi Secara Berlebihan - Eksfoliasi merupakan salah satu perawatan kulit yang penting dilakukan untuk menjaga kebersihan kulit serta pori-pori kulit. Eskfoliasi ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran atau komedo yang menempel atau menyumbat pori-pori kulit. Dengan melakukan eksfoliasi kulit akan menjadi bersih dan cerah cantik alami.

Eksfoliasi memang perawatan kulit wajah yang sangat penting. Namun, dalam melakukan eksfoliasi kita juga tidak boleh sembarangan dan tidak boleh berlebihan. Alih-alih untuk bisa mendapatkan kulit yang bersih dan cantik, eskfoliasi yang dilakukan sembarangan justru akan merusak kecantikan kulit. 

Ada beberapa dampak buruk yang sering terjadi pada mereka yang sering melakukan eksfoliasi secara sebarangan atau secara berlebihan. Nah, agar sahabat tahu, berikut kami informasikan tentang Dampak Buruk Melakukan Eksfoliasi Secara Berlebihan. 
Dampak Buruk Melakukan Eksfoliasi Secara Berlebihan
Dampak Buruk Melakukan Eksfoliasi Secara Berlebihan

1. Kulit menjadi kering dan mengelupas

Melakukan eksfoliasi secara berlebihan atau sembarangan, terlebih bagi anda yang memiliki kulit kering, tentu akan berdampak buruk bagi kulit. Hal ini akan membuat kulit menjadi semakin kering dan mengelupas. Dalam hal ini, pemilik kulit kering baiknya untuk menggunakan pelembab dalam melakukan eksfoliasi. Kulit yang terjaga kelembabannya akan menjaga kulit dari dehidrasi dan kulit kering, sehingga kulit akan tetap lembab, kenyal serta cantik alami.

2. Menyebabkan kulit menjadi berminyak

Kulit berminyak merupakan salah satu penyebab utama dari berbagai masalah pada kulit wajah. Kulit berminyak ini ternyata bisa terjadi karena melakukan eksfoliasi secara sembarangan atau berlebihan. Kulit yang sering di eksfoliasi akan menjadi kering, lemah sehingga kulit akan merespon dengan memproduksi minyak lebih banyak untuk melindungi dan melembabkan kulit. Keadaan seperti ini tentu akan membuat kulit menjadi berminyak. 

3. Menyebabkan kulit iritasi dan kemerahan

Eksfoliasi secara berlebihan terlebih bagi anda pemilik kulit sensitif juga akan menyebabkan kulit menjadi iritasi dan kemerahan. Memang kulit menjadi kemerahan sering kali dianggap wajar saat setelah melakukan eksfoliasi. Naumun hal tersebut biasanya akan hilang setelah beberapa menit kemudian. Namun jika kemerahan terus bertahan bahkan hingga hari berikutnya, dan bahkan terasa seperti terbakar, maka anda telah mengalami iritasi akibat berlebihan dalam melakukan eksfoliasi. Hentikanlah jika anda mengalami hal yang demikian.

4. Menyebabkan jerawat

Seperti yang kita ketahui, jerawat merupakan masalah kulit yang sangat menjengkelkan sekali. Jerawat sangat mengganggu penampilan dan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Ekfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran serta mengatasi jerawat. Namun, eksfoliasi yang dilakukan secara berlebihan dan sembarang justru akan membuat jerawat menjadi bermunjulan. Jadi lakukan eksfoliasi secara wajar saja, yaitu sebulan sekali atau dua kali saja.


Demikianlah informasi tengang Dampak Buruk Melakukan Eksfoliasi Secara Berlebihan. Eksfoliasi merupakan cara terbaik untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori kulit wajah, namun jika dilakukan secara berlebihan justru berdampak buruk. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.