Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Jerawat Pecah

Leni Fauziah

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Jerawat Pecah - Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang sangat menyebalkan sekali, saat mengalami jerawat, sering kali kita ingin memencetnya agar pecah dan cepat sembuh. Namun, memencet jerawat atau memecah jerawat justru akan membuat jerawat semakin meradang, dan juga akan menimbulkan luka yang kemudian akan menyebabkan bekas jerawat yang juga sangat mengganggu penampilan dan sulit untuk dihilangkan.

Memecah sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan luka dan infeksi. Jerawat yang pecah akan lebih sulit untuk diatasi, untuk itu hindari memecah jerawat. Namun yang jadi pertanyaan adalah, apa yang harus kita lakukan jika terawat tak sengaja kita pecahkan atau pecah dengan sendirinya?

Oke dalam kesempatan kali ini, kita akan memberikan tips ampuh agar jerawat yang pecah dapat dengan cepat sembuh dan kulit menjadi mulus kembali. Berikut Hal Yang Harus Dilakukan Saat Jerawat Pecah.
Hal Yang Harus Dilakukan Saat Jerawat Pecah
Hal Yang Harus Dilakukan Saat Jerawat Pecah

1. Hindari menyentuh kulit wajah secara langsung

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghindari menyentuh kulit wajah yang berjerawat secara langsung yaitu dengan tangan kosong. Hal ini untuk menghindari perpindahan kuman dari tangan kejerawat atau sebaliknya yang membuat keadaan jerawat semakin parah. Memang saat berjerawat, terlebih saat jerawat pecah sering kali tak tahan untuk menyentuh atau menggaruk jerawat, namun anda harus menahan diri untuk tak menyentuh atau menggaruknya untuk menghindari infeksi atau keadaan jerawat yang semakin parah.

2. Membersihkan area kulit wajah yang berjerawat

Tips berikutnya yaitu dengan membersihkan area kulit wajah yang berjerawat. Bersihkan jerawat dengan mengeluarkan seluruh cairan putih yang terdapat pada jerawat. Hal ini bertujuan untuk mencegah munculnya jerawat baru di tempat yang sama pada hari berikutnya. Membersihkan jerawat juga bertujuan untuk mencegah munculnya bakteri yang akan menyebabkan keadaan jerawat semakin parah.

3. Kompres area jerawat yang pecah

Hal berikutnya yang harus anda lakukan yaitu mengompres area jerawat yang pecah. Hal ini bertujuan untuk mencegah jerawat meradang atau mencegah pembengkakan. Anda bisa mengompresnya dengan menggunakan es batu yang dibungkus dengan menggunakan kain bersih.

4. Obati jerawat

Setelah jerawat dibersihkan dan di kompres, langkah berikutnya yaitu anda obati jerawat. Jerawat yang sudah pecah, tentu cara penanganannya berbeda. Dalam hal ini anda dianjurkan untuk menggunakan antibiotic ointment yang bisa anda dapatkan dengan mudah diapotek atau pasar terdekat.  

5. Hindari menggunakan make up

Selama jerawat belum sembuh, baiknya anda hindari menggunakan make up terlebih dulu. Penggunaan make up akan menyebabkan make up masuk ke dalam dan menyebabkan munculnya bakteri hingga jerawat meradang da infeksi. Biarkan kulit wajah tetap bersih terlebih dulu agar kulit bisa bernafas hingga jerawat sembuh.

Demikianlah informasi tentang Hal Yang Harus Dilakukan Saat Jerawat Pecah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.