Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

5 Penyebab Pigmentasi Yang Wajib Anda Ketahui

Leni Fauziah

Penyebab Pigmentasi Yang Wajib Anda Ketahui - Pigmentasi pada kulit merupakan proses perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Hal ini menyebabkan munculnya bintik hitam pada kulit, terutama kulit wajah. Pigmentasi atau disebut juga melasma muncul dalam kondisi bercak coklat, hitam atau keabuan pada kulit wajah pada pipi, dahi, dagi dan bagian kulit lainnya.

Pigmentasi atau melasma biasanya disebabkan karena efek sinar UV matahari. Namun, selain sinar UV matahari, pigmentasi juga bisa disebabkan faktor lain. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit menjadi hitam. Hal tersebut mungkin tanpa disadari banyak wanita, telah menjadi kebiasaan para wanita. Wanita tak sadar jika yang dilakukan ternyata membuat kulit menjadi gelap atau pigmentasi.

Nah berbicara tentang pigmentasi, kita akan memberikan beberapa penjelasan tentang penyebab pigmentasi selain karena sinar UV matahari. Berikut Penyebab Pigmentasi Yang Wajib Anda Ketahui.
5 Penyebab Pigmentasi Yang Wajib Anda Ketahui
5 Penyebab Pigmentasi Yang Wajib Anda Ketahui

1. Genetik

Faktor pertama yang menjadi penyebab pigmentasi atau kulit menjadi gelap adalah dikarenakan faktor genetik. Jika anda memiliki orang tua dengan kulit gelap, kemungkinan besar anda juga akan memiliki kulit gelap. Hal ini dikarenakan gen atau DNA yang diturunkan orang tua pada anaknya. Faktor genetik inilah yang membuat kulit seseorang mudah berubah warna menjadi gelap.

2. Pengaruh kosmetik

Kosmetik atau make up memang memiliki peranan penting bagi kecantikan wanita. Kosmetik atau make up dapat merubah wanita menjadi cantik dan sempurna. Namun, dalam menggunakan make up anda juga tak boleh sembarangan. Make up atau kosmetik mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan efek samping dalam jangka panjang, salah satu dari efek samping kosmetik adalah pigmentasi atau kulit menjadi gelap. 

3. Kurang vitamin

Kulit yang kekurangan vitamin juga akan menjadi kusam dan gelap hingga akhirnya menyebabkan pigmentasi. Gizi yang buruk seperti kurang vitamin memang akan berdampak pada tubuh, termasuk kulit. Salah satu vitamin yang sangat penting dalam mencegah pigmentasi adalah vitamin B12. Vitamin B12 dapat mengatur produksi dan penempatan pigment pada kulit sehingga dapat mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Selain vitamin B12 anda juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin E dan K untuk menjaga kecantikan kulit.

4. Polusi udara

Polusi udara juga salah penyebab pigmentasi atau kulit menjadi gelap. Tidak hanya berdampak pada kulit wajah saja, polusi udara juga dapat menyebabka berbagai masalah kesehatan. Bagi anda yang tinggal di perkotaan besar, anda harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan dan kecantikan. Anda perlu melakukan perawatan untuk menjaga kulit tetap cerah dan cantik.

5. Perawatan menggunakan laser

Saah satu efek samping dari perawatan wajah menggunakan laser adalah pigmentasi. Hal ini dikenal sebagai post-laser hiperpigmentation atau post-inflammatory pigmentation. Hal tersebut bisa berlangsung selama bertahun-tahun bahkan bisa bersifat permanen jika tak ditangani dengan benar. Beberapa perawatan laser yang dapat menyebabkan pigmentasi antara lain adalah Fraxel, IPL dan laser hair removal. Jika anda mengalami hal tersebut segera konsultasi pada dokter.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Pigmentasi Yang Wajib Anda Ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.